Jumat 26 Apr 2019 07:36 WIB

Digoreng, Kandungan Nutrisi Lumpia Turun, Kalori Meningkat

Meski mengandung sayuran, lumpia akan merosot nutrisinya ketika digoreng.

Lumpia
Foto: flickr
Lumpia

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Beragam jenis sayuran memang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi. Namun, cara pengolahannya juga harus tepat agar tak membahayakan kesehatan.

"Hindari yang digoreng, apalagi kalau digoreng lebih dari sekali itu akan membuat makanan mengikat lemak," ujar ahli gizi Rachel Olsen.

Rachel mencontohkan lumpia. Meski di dalamnya ada sayur, tapi kalau digoreng dan minyaknya masuk ke dalam,

"Kadar vitamin akan turun, sementara kalorinya meningkat," jelas Rachel dalam acara Youvit Media and Community Foodpedia di Semarang, Kamis.

Rachel merekomendasikan cara lain dalam mengolah makanan. Ia menyebutkan bahan makanan lebih baik pepes, rebus, atau panggang lebih baik ketimbang goreng.

photo
Lumpia sayur.

Rachel menjelaskan bahwa minyak juga sarat dengan kolesterol yang bisa mengganggu sistem pencernaan tubuh manusia. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan, orang bisa mudah kembung, asam lambung meningkat, dan sakit maag.

Jika lambung sudah terganggu, menurut dia, efektivitas penyerapan gizi akan menurun. Selanjutnya, ketika gizi tidak bisa diserap secara efektif, keseimbangan nutrisi dalam tubuh juga ikut terganggu.

"Kalau kandungan lemak dalam darah tinggi, hati akan bekerja ekstra keras akibatnya, lemak tetap dalam darah hingga menyebabkan potensi penyumbatan yang membahayakan jantung atau otak," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement