Rabu 13 Jan 2016 10:21 WIB

Ini Pengaruh Jepang Terhadap Karir David Bowie

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah benda diletakkan di tanda bintang David Bowie di Hollywood Walk of Fame Los Angeles sebagai pengingat atas karya David semasa hidupnya.
Foto: Reuters
Sejumlah benda diletakkan di tanda bintang David Bowie di Hollywood Walk of Fame Los Angeles sebagai pengingat atas karya David semasa hidupnya.

REPUBLIKA.CO.ID, Nuansa Jepang memang kental terlihat dalam berbagai kostum yang David Bowie kenakan di atas panggung. Sebut saja kostum alien bernama Ziggy Stardust yang Bowie kenakan pada awal 1970-an. Hingga kostum yang Bowie kenakan dalam film The Man Who Fell to Earth.

Akan tetapi, ternyata pengaruh Jepang terhadap karir Bowie tidak hanya sebatas kostum saja. Japantimes melansir, Bowie pertama kali bersinggungan dengan budaya Jepang saat bertemu dengan penari Lindsay Kemp pada 1967. Bowie yang ikut kelas menari Kemp di London Dance Center kemudian mulai menyentuh budaya dan pengaruh Jepang yang selama ini memengaruhi gaya Kemp.

Kemp juga mengatakan kerap menggunakan musik Jepang dari komposer Toru Takemitsu selama mengajar ketika Bowie menjadi muridnya. Tak hanya itu, Kemp juga mengajarkan tentang teater Jepang kepada Bowie melalui buku-buku mengenai noh dan kabuki. Buku-buku tersebut kemudian dengan mudah menarik perhatian penyanyi multi talenta itu.

Semasa hidupnya, Bowie, yang bernama asli David Jones, pun mengakui pertemuannya dengan Kemp merupakan titik balik dalam hidupnya. Tak heran jika performa Bowie di atas panggung sangat kental dengan pengaruh dan karakteristik dari gaya khas Kemp.

Kemudian pada 1970-an, Bowie juga melakukan kolaborasi dengan desainer fesyen asal Tokyo, Kansai Yamamoto. Yamamoto merupakan desainer Jepang pertama yang melakuakan pertunjukan fesyen di luar negeri lengkap dengan model yang berlenggak dengan gaya kabuki. Pertunjukan fesyen Yamamoto di luar negeri tersebut terjadi pada Mei 1971 di Great Gear Trading Company yang terletak di King's Road, London.

Terinspirasi dengan gaya busana Yamamoto, Bowie kemudian meminta Yamamoto untuk mendesain kostum untuk tur konsernya di Inggris yang diselenggarakan pada 1973. Selain itu, Bowie juga meminta Yamamoto untuk membuat kostum bagi pertunjukkan Aladdin Sane-nya di Amerika Serikat. Hingga saat ini cukup banyak kostum rancangan Yamamoto untuk Bowie yang menunjukkan penggabungan pengaruh Jepang dan Barat. Beberapa di antaranya ialah kostum Space Samurai hingga kostum Ziggy Stardust.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement