Selasa 12 Jan 2016 14:50 WIB

Tandoori, Teknik Memanggang Makanan Khas India

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Chicken Tikka, salah satu menu India yang dimasak ala Tandoori.
Foto: Republika/Darmawan
Chicken Tikka, salah satu menu India yang dimasak ala Tandoori.

REPUBLIKA.CO.ID, India terkenal akan keberagaman kuliner dan kekayaan rempah-rempah yang disuguhkan dalam penggunaan bumbu disetiap masakannya. Salah satu karakteristik yang paling dikenal dari hidangan India adalah rasanya yang kuat, beraroma dan penuh warna.

Masakan India juga sangat beragam seperti halnya keragaman budaya, agama, geografi, iklim dan tradisi yang dimiliki India.

Bukan hanya itu, teknik memasak India terkenal beragam. Executive Chef Gran Melia Hotel Jakarta, Gerald Prinz menjelaskan salah satu masakan tradisional India adalah tandoori. Ini merupakan cara memasak bahan makanan dengan cara melumuri bumbu sampai meresap ke dalam bahan dan kemudian dipanggang dengan temperatur yang sangat panas atau mencapai 300 celcius di oven tandoori.

Dan untuk memanggang makanannya digunakan tusuk sate panjang terbuat dari besi.

Bumbu khas yang dipakai untuk memasak olahan India dengan cara tandoori adalah yogurt, minyak mustar, garam masala, garam, bubuk cabai, bubuk jinten, bubuk ketumbar, serta bumbu India kasoori methi.

"Masakan yang terkenal dan mendunia dimasak dengan cara Tandoori antara lain adalah chicken Tandoori, chicken Tikka, chicken Malai Tikka, fish Hariyali, Tandoori aloo dan Tandoori prawn," jelasnya kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (13/1).

(baca: Wow, Sedapnya Menu Istimewa Tamu Golden Globe)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement