Ahad 10 Jan 2016 13:16 WIB

Memancing Sepeda di Kanal Kota Amsterdam

Rep: Puti Almas/ Red: Winda Destiana Putri
Waternet di Amsterdam
Foto: Amusingplanet
Waternet di Amsterdam

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Amsterdam merupakan kota paling ramah bagi pengendara sepeda di dunia. Tak heran, setidaknya 40 hingga 60 persen masyarakat setempat yang menjadikan kendaraan ini sebagai moda transportasi utama.

Bahkan, popularitas sepeda sebagai alat transportasi membuat jumlah kendaraan ini bertambah setiap harinya. Beberapa memperkirakan, terdapat 880 ribu hingga 1 juta sepeda di dalam Ibu Kota Belanda tersebut.

Salah satu hal yang unik, dilansir laman Amusingplanet Ahad (10/1) kendaraan roda dua di Amsterdam ini juga bisa 'melintas' di sepanjang kanal-kanal di kota tersebut. Hal itu karena sepanjang tahun, sepeda bisa ditemukan dari kanal-kanal ini.

Setidaknya terdapat 15 ribu sepeda yang berhasil dikeruk dari kanal-kanal di Amsterdam setiap tahunnya. Kegiatan mengangkat kendaraan roda dua dari dalam kanal ini kemudia dikenal dengan sebutan 'memancing' .

Pihak penanggung jawab kebersihan kanal, Waternet menggunakan cakar hidrolik yang besar untuk memancing sepeda keluar dari kanal. Setidaknya, kegiatan ini telah dilakukan sejak era 1960-an. Bahkan, 'memancing' sepeda menjadi salah satu daya tarik wisata para turis yang berkunjung ke Amsterdam.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti mengapa sepeda-sepeda bisa berada dalam kanal, seperti sampah-sampah pada umumnya. Namun, penduduk setempat diyakini memiliki kebiasaan buruk, yaitu membuang sesuatu ke dalam kanal, khususnya saat mereka dalam keadaan mabuk.

Selain sepeda, beberapa benda lain juga ditemukan terbuang di dalam kanal setiap tahunnya. Diantaranya adalah mobil hingga lemari es. Kebanyakan, kendaraan roda empat dapat masuk dalam kanal karena kecelakaan, namun beberapa juga merupakan aksi vandalisme.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement