Senin 04 Jan 2016 06:01 WIB

10 Tips Bepergian Naik Pesawat Bersama Bayi Kembar

Rep: Adysha CR/ Red: Andi Nur Aminah
Bayi kembar (Ilustrasi)
Bayi kembar (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Bepergian bersama bayi dan balita merupakan 'PR' tersendiri yang tak jarang membuat orang tua cukup kerepotan, terlebih jika memiliki bayi atau balita kembar. Meski begitu, bukan berarti melakukan perjalanan udara bersama bayi atau balita kembar tidak dapat berjalan dengan mulus dan menyenangkan. 

Berikut ini  10 tips yang bisa Anda pelajari sebelum bepergian dengan pesawat bersama dengan bayi atau balita kembar Anda seperti dilansir ehow.com

1. Perencanaan Matang

Perencanaan yang matang merupakan kunci utama lancarnya perjalanan bersama bayi atau balita kembar Anda. Ada cukup banyak hal yang membutuhkan perencanaan matang sebelum melakukan perjalanan udara bersama bayi atau balita kembar. Beberapa hal di antaranya ialah perencanaan saat menuju bandara, saat di bandara, saat penerbangan, hingga saat menuju destinasi dari bandara. Dalam perencanaan ini Anda perlu mempertimbangkan berbagai peralatan yang mungkin dibutuhkan dengan bijak dan tepat.

2. Bawa Peralatan yang Dibutuhkan

Dalam perjalanan udara, Anda akan membutuhkan bangku khusus dan juga kereta bayi bagi bayi dan balita kembar Anda. Banyak yang menilai membawa peralatan-peralatan ini sendiri akan membuat perjalanan lebih mudah dan bayi atau balita kembar Anda pun lebih nyaman. 

Untuk bangku khusus bayi, Anda bisa meminjam atau membeli yang muat untuk dimasukkan ke dalam kereta bayi. Sedangkan untuk kereta bayi, Anda bisa membawa kereta bayi portable yang bisa dilipat dan mudah dibawa.

3. Menyewa Barang

Jika Anda melakukan perjalanan wisata, hotel tempat Anda menginap mungkin tidak menyewakan tempat tidur khusus untuk bayi. Dari pada membawanya sendiri, Anda bisa mencari jasa penyewaan peralatan bayi dari penduduk lokal. Dengan begitu, perjalanan akan menjadi lebih ringan dan tidak perlu membawa terlalu banyak barang kebutuhan bayi atau balita kembar Anda.

4. Pengaturan Kursi

Banyak maskapai penerbangan yang mengizinkan anak di bawah usia dua tahun untuk dipangku oleh orang tuanya. Akan tetapi, maskapai penerbangan tidak mengizinkan ibu atau ayah memangku dua anak sekaligus dengan alasan keamanan. 

Jika ibu dan ayah berpergian bersama, keduanya dapat mempertimbangkan untuk membeli tiga tiket kursi sekaligus dalam penerbangan. Dengan begitu, kenyamanan dan keamanan kedua bayi kembar akan lebih terjamin selama perjalanan udara.

5. Pertimbangkan Penumpang Lain

Selama penerbangan, jika bayi atau balita kembar dapat tidur dengan tenang maka tidak akan ada masalah. Akan tetapi, seringkali anak-anak mengalami masalah untuk tidur selama penerbangan dan membuat penumpang lainnya juga sulit tidur. 

Oleh karena itu, sebelum perjalanan udara dimulai, para orang tua bisa memikirkan cara terbaik untuk mengatasi kesulitan tidur anak. Orang tua juga dinilai lebih baik untuk melakukan penerbangan di siang hari, sehingga tidak perlu khawatir dengan masalah gangguan tidur.

6. Kemas Tas dengan Baik

Berdasarkan ketentuan penerbangan internasional, susu formula bayi, makanan bayi serta obat-obatan bayi diperbolehkan untuk dibawa hingga seberat 3,4 ons. Oleh karena itu, akan lebih baik jika membawa bubuk susu formula dalam botol besar. Air dapat ditambahkan sesudah memasuki gerbang pemeriksaan. 

Sedangkan untuk pengemasan asi yang disimpan dalam botol, orang tua dapat meminta penjelasan dari bandara setempat mengenai kebijakan pengemasan yang tepat. Sedangkan makanan bayi dapat dibawa dengan cara disimpan dalam kotak makan kecil.

7. Drop Off

Sebagian besar bandara memiliki lahan parkir yang cukup jauh dari bandara. Jika kedua orang tua pergi bersama-sama, sang ayah bisa mengantar ibu dan kedua bayi kembarnya terlebih dulu ke bandara kemudian mencari tempat parkir.

8. Perubahan Tekanan

Saat pesawat naik dan turun, tekanan udara akan berubah-ubah dan kuping merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup sensitif dalam merasakan perubahan tersebut. Hal ini dapat membuat kedua bayi kembar merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut, orang tua dapat memberikan botol atau dot pada bayi agar merasa lebih nyaman.

9. Pilih Mobil Sewa dengan Hati-Hati

Jika membutuhkan penyewaan mobil di tempat tujuan, sang ayah bisa terlebih dahulu mendatangi tempat penyewaan mobil dan memasang kursi khusus bayi di mobil yang disewa sekaligus membawa beberapa bawaan. Sedangkan sang ibu dan kedua bayi atau balita kembar bisa menunggu terlebih dahulu di bandara sampai sang ayah menjemput.

10. Tetap Bahagia

Mungkin perjalanan bersama dua bayi atau balita kembar tidak begitu mudah. Akan tetapi, dengan menciptakan suasana menyenangkan, bayi dan balita kembar akan memiliki perasaan yang nyaman dan menyenangkan. 

Mood bayi atau balita kembar akan membuat orang tua juga merasa lebih baik dan bahagia. Selain itu, dengan mempertahankan suasana yang menyenangkan, perjalanan bersama keluarga akan menciptakan kenangan yang manis di kemudian hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement