Ahad 03 Jan 2016 11:24 WIB

Libur Awal Tahun, Kampung Wisata Cikole Ramai Wisatawan

Cas Water Park
Foto: Panoramio
Cas Water Park

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG -- , atau Kampung Wisata Cikole yang merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Padeglang, Banten, pada liburan Tahun Baru 2016 ramai pengunjung.

Menurut pantauan sejak Sabtu (2/1) kemarin lokasi objek wisata yang memiliki fasilitas cukup lengkap itu dipenuhi pengunjung, bahkan ada yang sengaja datang dari luar Pandeglang, seperti Kabupaten Lebak dan Serang.

"Saya sudah beberapa kali ke sini, selain lenkap juga ada kebun binatangnya jadi anak-anak senang," kata Sanusi, pengunjung asal Kecamatan Warung Gunung, Kabupaten Lebak.

Pengelola Kampung Wisata Cikole, kata dia, menyediakan sarana bermain untuk anak-anak, termasuk kolam bagi anak.

"Di Kabupaten Lebak juga banyak tempat wisata, namun anak saya mau ke sini karena ada kolam renang untuk anak serta sarana bermain lainnya," ujarnya.

Sementara Endo Hudori, wisatawan asal Kabupaten Serang menyatakan sebelum ke Kampung Wisata Cikole, terlebih dahulu berwisata ke Pantai Karangsari Carita.

"Tadi pagi saya ke Carita, dan langsung ke sini, mumpung masih liburan," ujarnya.

Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pandeglang Imron Mulyana secara terpisah menyatakan dengan fasilitas terlengkap Kampung Wisata Cikole selalu rampai dikunjungi wisatawan, terutama pada saat liburan.

"Cas Water Park merupakan salah satu objek wisata andalan dan banyak dikunjungi wisatawan," katanya.

Objek yang berlokasi di Kelurahan Sukaratu, Kecamatan Majasari itu memiliki lebih dari 60 unit gazebo dan saung, 70 toilet dan kamar ganti, gedung pertemuan, saung apung, lapangan yang luas untuk outbond.

Fasilitas lainnya, kata dia, yakni flying fox, tempat bermain anak, motor mini ATV, cafetaria, testoran, toko suvenir, panggung hiburan, mushala, lifeguard.

Ia juga menyatakan, Cas Water Park dikelola oleh pihak ketiga, namun terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Periwisata Pandeglang.

Pemkab Pandeglang, kata dia, mendukung investor yang ingin mengembangkan pariwisata di daerah itu, dan ini sesuai dengan program pemerintah yang menjadikan bidang tersebut sebagai andalan untuk meningkatkan perekonomian daerah selain pertanian.

Imron Mulyana juga menjelaskan, di daerahnya terdapat 214 objek wisata dengan kekhasan tersendiri, namun baru 18 objek yang telah dikelola secara maksimal, dan banyak dikunjungi wisatawan.

Objek wisata yang telah dikelola itu, di antaranya kawasan Pantai Carita, Pantai Tanjung Lesung, Pulau Umang, pemandian air panas Cisolong dan pemandian air alam Cikoromoy.

Dari 214 objek wisata yang ada di kabupaten tersebut, sebanyak 11 di antaranya pantai, 19 tirta, 183 tempat bersejarah dan satu objek wisata alam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement