Ahad 27 Dec 2015 10:32 WIB

Mau Berumur Panjang? Ikuti Resep Mereka yang Hidup di Atas 100 Tahun ini (2)

Rep: C32/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Downing Jett Kay
Foto: dailydot.com
Downing Jett Kay

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Sebagian orang pastinya ada yang berharap bisa hidup lebih lama bahkan hingga usia 100 tahun. hanya saja mereka yang bisa mencapai umur tersebut ternyata terbiasa melakukan kegiatan fisik yang aktif.

Seperti dilansir Prevention, Kamis (24/12) menurut Pusat Pengendalian dan pencegahan Penyakit, orang-orang yang secara fisik aktif sekitar 7 jam dalam sepekan memiliki risiko 40 persen lebih rendah dari kematian dini. Tentunya hal tersebut jika dibandingkan mereka yang aktif kurang dari 30 menit setiap seminggu.

(Baca: Mau Berumur Panjang? Ikuti Resep Mereka yang Hidup di Atas 100 Tahun ini (1))

Mereka yang sudah berumur 100 tahun atau centenarian mungkin tidak dapat berjalan satu mil secepat mereka bisa ketika mereka masih muda. Hanya saja mereka membiasakan mengerjakan sesuatu sebagai aktivitas fisik hingga berkeringat.

Seperti Downing Jett Kay yang kini berusia 108 tahun selalau terbiasa untuk berjalan santai hingga berkeringat. Dengan begitunya tentu tidak perlu melakukan latihan olah raga rutin seperti gym untuk mendapatkan manfaat bisa berumur panjang.

Selain itu juga ada sebuah studi dari kelompok centenarian (orang-orang berumur di atas 100 tahun) Okinawa yang mengungkapkan mereka sering melakukan aktivitas fisik dan konsisten dengan cara alami. Mereka biasanya sering berkebun, menari, berjalan, dan melakukan seni bela diri lembut seperti tai chi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement