Rabu 18 Jan 2023 15:05 WIB

Orang Tertua di Dunia Wafat, Usianya 118 Tahun

Lucile Randon yang berusia 118 tahun merupakan orang tetua di dunia.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Biarawati Lucile Randon merupakan pemegang rekor Guinness World Records sebagai orang tertua di dunia. Selamat dari pandemi flu Spanyol, dia juga mampu melawan Covid-19.
Foto: YouTube/Guinness World Records
Biarawati Lucile Randon merupakan pemegang rekor Guinness World Records sebagai orang tertua di dunia. Selamat dari pandemi flu Spanyol, dia juga mampu melawan Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, TOULON – Orang tertua di dunia, biarawati Prancis Lucile Randon, mengembuskan napas terakhir dalam usia 118 tahun. Randon yang dikenal sebagai Sister Andrée, lahir di Prancis selatan pada 11 Februari 1904, satu dekade lebih awal sebelum Perang Dunia I.

Juru bicaranya, David Tavella, mengatakan Randon meninggal di panti jompo Sainte-Catherine-Labouré di Toulon. "Ada kesedihan yang luar biasa, tapi ini adalah keinginannya untuk berkumpul dengan kakak tercintanya. Baginya, ini adalah pembebasan," kata Tavella.

Baca Juga

Randon menjadi orang tertua di dunia setelah kematian Kane Tanaka dari Jepang pada usia 119 tahun. Pada saat Randon lahir, New York di Amerika Serikat sedang membuka kereta bawah tanah pertamanya dan Tour de France hanya dipentaskan sekali.

photo
Kane Tanaka saat berusia 116 tahun bereaksi setelah menerima sertifikat Guinness World Records di panti jompo tempat dia tinggal di Fukuoka, Jepang barat daya pada 9 Maret 2019. Wanita Jepang yang diakui sebagai orang tertua di dunia itu meninggal pada usia 119, hanya beberapa bulan dari ulang tahunnya yang ke-120. - (Takuto Kaneko/Kyodo News via AP)

Sebelum tinggal di biara pada 1944, Randon bekerja sebagai pelatih dan tutor. Dia telah berada di panti jompo sejak tahun 1979 dan di rumah Toulon sejak 2009.

Pada tahun 2021, Randon selamat dari serangan Covid-19 setelah virus menyebar ke panti jompo tempat dia tinggal dan menewaskan 10 penghuni. Pada saat itu, dia mengaku tidak sadar telah terkena Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement