Senin 21 Jan 2019 11:31 WIB

Pria Tertua di Dunia Meninggal

Masazo berkegiatan mengelola penginapan dan sumber air panas.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Dwi Murdaningsih
Masazo Nonaka
Foto: kyodo news
Masazo Nonaka

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO --- Pria tertua di dunia, Masazo Nonaka meninggal dunia pada Ahad (20/1). Masazo meninggal dalam usia 113 tahun. Pria kelahiran Juli 1905 itu tercatat sebagai pria tertua dunia dalam Guinness World Record pasca  pria tertua dunia asal Spanyol Fransisco Nunez Olivera meninggal tahun lalu.

 “Kami merasa kaget kehilangan sosok besar ini, dia kemarin seperti terlihat biasanya, dan meninggal tanpa membuat keributan sama sekali pada keluarga, kata Yuko cucu dari Masazo seperti dilansir Japan Today pada Senin (21/1).

Masazo Nonaka yang menikah pada 1931 itu meninggalkan 5 anaknya. Masazo memiliki enam saudara laki-laki dan satu saudara perempuan. Di pengujung usianya, Masazo berkegiatan mengelola penginapan dan sumber air panas.

Jepang menjadi salah satu negara dengan tingkat harapan hidup tertinggi di dunia. Negara itu juga menjadi rumah bagi sejumlah orang-orang terkenal yang dinobatkan sebagai manusia tertua yang pernah ada. Diantaranya yakni Jiroemon Kimura. Pria paling lama yang pernah hidup di Jepang itu  meninggal ulang tahunnya yang ke-116 pada Juni 2013.

Menurut Guinness World Record, orang tertua yang terverifikasi sebelumnya yakni Jeanne Louise Calment seorang warga berkebangsaan Prancis yang  meninggal pada 1997 di usia 122 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement