Ahad 27 Dec 2015 13:21 WIB

Mau Berumur Panjang? Ikuti Resep Mereka yang Hidup di Atas 100 Tahun ini (4)

Rep: C32/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Centenarian, atau orang-orang yang berusia di atas 100 tahun
Foto: prevention.com
Centenarian, atau orang-orang yang berusia di atas 100 tahun

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Sebagai centenarian (orang-orang yang hidup hingga usia 100 tahun), tak hanya kesehatan saja modal utama bisa hidup hingga diatas 100 tahun. sikap optimis juga sangat membantu mereka hidup di umur yang sangat tua.

Seperti dilansir Prevention, Kamis (24/12) ada studi yang meneliti ciri-ciri kepribadian orang-orang yang berusia 95 hingga 107 tahun. sebagian besar dari mereka cenderung memiliki sikap positif dan rasa humor yang bisa membuat mereka hidup lebih lama.

(Baca: Mau Berumur Panjang? Ikuti Resep Mereka yang Hidup di Atas 100 Tahun ini (1))

Salah satunya Norma Martin berusia 100 tahun di Sarasota, FL mengatakan optimis sudah pasti telah membantunya melewati kehidupan. Sama seperti orang lain, ia juga memiliki bagian hidup yang pasang surut tapi sikap optimis bisa membuatnya bertahan hidup dengan baik hingga sekarang.

“Saya memiliki kehidupan yang baik dengan suami saya dan dua anak. Saya hanya merasa bahwa saya diberkati sepanjang hidup saya,” kata Martin. Ia mengaku selalu melihat sisi hidup yang lebih baik. (Baca: Mau Berumur Panjang? Ikuti Resep Mereka yang Hidup di Atas 100 Tahun ini (2))

Selain Martin, Lynn Adler sebagai pendiri National Centenarian Awareness Project mengatakan optimisme adalah bagian dari apa yang bisa dianggap sebagai semangat centenarian. (Mau Berumur Panjang? Ikuti Resep Mereka yang Hidup di Atas 100 Tahun ini (3))

Menurutnya, mereka memiliki kemampuan luar biasa untuk menegosiasikan kembali hidup di setiap kesempatan, untuk menerima kerugian, tantangan, dan perubahan yang datang dengan penuaan serta tidak membiarkan hal tersebut menghentikan mereka. Kebanyakan dari centenarian selalu melakukannya dengan senyum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement