Ahad 27 Dec 2015 10:31 WIB

Menghadapi Orang Menjengkelkan? Ini Caranya!

Rep: C32/ Red: Indira Rezkisari
Bertemu dengan seseorang yang menjengkelkan bisa menimbulkan ketidakbahagiaan, jangan khawatir ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Bertemu dengan seseorang yang menjengkelkan bisa menimbulkan ketidakbahagiaan, jangan khawatir ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

REPUBLIKA.CO.ID, Semua orang pasti pernah menjumpai orang yang mengganggu di beberapa kesempatan. Bisa jadi orang yang menjengkelkan itu seperti teman yang terus menempel, rekan kerja yang menjengkelkan rekan kerja, bahkan hingga kerabat yang kita tidak suka.

Sayangnya, suka atau tidak kita tidak bisa menghilangkan mereka dari kehidupan sepenuhnya. Seperti dilansir Times of India, Sabtu (26/12) yang perlu dilakukan dalam menghadapi orang yang menjengkelkan harus ditangani secara efektif.

Tips pertama yaitu dengan mendengarkan. Karena kebanyakan konflik didasarkan pada kesalahpahaman. Kesalahpahaman memerlukan klarifikasi dan memerlukan lebih banyak waktu dengan orang tersebut. Dalam keadaan tersebut, mendengarkan akan membantu untuk tidak perlu menghabiskan waktu lebih banyak lagi dengan orang yang menjengkelkan itu.  

(baca: Persahabatan Bisa Jadi Cinta, Bila...)

Selanjutnya, mengabaikan merupakan strategi umum yang digunakan untuk menangani orang yang menjengkelkan, tapi jelas bukan yang paling efektif. Jika Anda tidak ingin beragumen dengan orang yang menjengkelkan maka mengabaikan merupakan pilihan yang cukup adil. Hal tersebut cara aman untuk menghindari mereka tanpa konfrontasi.

Jika hal tersebut kurang, cara lain yaitu menjadi jujur karena biasanya orang yang menjengkelkan itu belum mengetahui jika mereka mengganggu. Jujur mengenai apa yang dirasa karena terganggu oleh mereka yang menjengkelkan bisa menjadi pilihan namun berhati-hati jangan terdengar kasar.

Cara terakhir yaitu menjadi lebih dingin karena merupakan salah satu pilihan tepat jika ingin berdebat dengan orang yang menjengkelkan. Hanya saja dengan catatan lakukan hal tersebut dengan keadaan pikiran yang baik agar tidak meninggalkan kesan buruk jika dilihat orang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement