Selasa 15 Dec 2015 17:19 WIB

Festival Masakan Sumatra Siap Goyang Lidah di Bandung

Rep: C26/ Red: Indira Rezkisari
Kuliner Sumatra tidak hanya berupa rendang atau mi aceh, masih banyak beragam varian kuliner Sumatra.
Foto: Republika/Prayogi
Kuliner Sumatra tidak hanya berupa rendang atau mi aceh, masih banyak beragam varian kuliner Sumatra.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) Kota Bandung akan mengelar pameran katering dan makanan khas Nusantara di Gedung Pusdai, Kota Bandung, Jawa Barat, 18-20 Desember 2015 mendatang. Kegiatan ini merupakan agenda rutin APJI tiap dua tahun sekali.

Gelaran akbar kedua kalinya ini akan mengangkat tema masakan khas dari Pulau Sumatra. Di mana segala aneka masakan mulai dari Aceh, Sumatra Utara, Riau, hingga Palembang akan dipamerkan.

Koordinator Sumatra Food Festival Misye Sasongko mengatakan pemilihan tema masakan Sumatra adalah karena ingin menampilkan keanekaragaman masakan Nusantara. Pulau Sumatra merupakan salah satu wilayah Indonesia yang sangat kaya akan kenikmatan kulinernya.

"Makanan dari Sumatra sangat banyak sekali. Sehingga menarik orang untuk datang mencicipi beraneka ragam. Sumatra juga memiliki khas cita rasa yang lezat," kata Misye dalam konferensi pers Pameran Akbar Katering se-Jawa Barat dan Sumatra Food Festival di Rumah Makan Nenek Timo, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (15/12).

Menurutnya, banyak orang Sumatra yang merantau ke Jawa Barat. Tak hanya itu, masyarakat Jawa Barat khususya Kota Bandung juga sangat menyukai kuliner khas Sumatra.

(baca: 7 Makanan Pembangkit Mood Bahagia)

Di samping itu, APJI ingin memperkenalkan masakan Sumatra yang tidak hanya terkenal oleh rendang, mi aceh, nasi kebuli, atau kopi aceh. Masih banyak kuliner khas Sumatra yang belum diketahui tapi sangat lezat.

Untuk menambah suasana khas Sumatera, Misye juga mengatakan dekorasi dan pertunjukan yang ditampilkan bercirikan pulau besar di ujung barat Indonesia itu.

Ketua Panitia Pameran, Derry Septiadi mengatakan para pengunjung bisa datang ke arena festival ini tanpa dipungut biaya. Selama tiga hari APJI akan memanjakan lidah para pengunjung.

"Untuk masuk ke acara pameran dan Sumatera Food Festival pengunjung tinggal datang mulai pukul 10.00 hingga 21.00. Dan untuk masuknya gratis," ujarnya.

Untuk mencoba kuliner yang ditampilkan, pengunjung harus membeli voucer. Voucer ini nantinya digunakan untuk membayar makanan yang dipesan pengunjung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement