Jumat 11 Dec 2015 12:47 WIB

Mengajari Warga Mesir Manfaatkan Eceng Gondok

Sungai Nil yang membelah Kota Kairo, Mesir.
Foto: Antarafoto.com
Seorang petani mengambil eceng gondok. Ilustrasi

Kepala Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Kairo, Meri Binsar Simorangkir mengatakan, pelatihan pemanfaatan eceng gondok di Mesir ini digelar selama empat hari. Kegiatan dimulai pada 9-12 Desember 2015 dan berlangsung di Kota Bani Suweif, sekitar 120 kilometer selatan Kairo.

Pelatihan pemanfaatan eceng gondok ini merupakan penyelenggaraan untuk kedua kalinya. Pelatihan pertama pada pernah dilaksanakan pada 2011 di Kota Mansoura, yang berlokasi 126 kilometer arah utara Kairo, menyusul kunjungan Kementerian Kerja Sama Internasional Mesir ke Indonesia pada 2009.

Peserta pelatihan kedua ini diikuti 25 orang. Mereka berasal dari kalangan pengrajin dan perwakilan dari beberapa lembaga pemerintahan terkait di Mesir. Antara lain Kementerian Sumberdaya Air dan Irigasi dan Kementerian Perdagangan. 

Gubernur Bani Suweif, Muhammed Salim, saat menerima kunjungan muhibah Duta Besar RI untuk Mesir, Nurfaizi Suwandi, menyambut hangat pelatihan di Bani Suweif, salah satu kota yang letaknya di pesisir Sungai Nil itu.

"Kunjungan Dubes RI ke Bani Suweif memberi arti penting, terutama berbarengan dengan penyelenggaraan kegiatan pelatihan eceng gondok bagi pembuatan berbagai produk kerajinan yang bernilai jual bagi masyarakat Mesir," ujar Salim.

Meri menambahkan, kegiatan berbagi pengalaman dengan Mesir ini merupakan bagian dari tindak lanjut hasil pertemuan Perdana Menteri Mesir Ibrahim Mehlab dan Presiden Joko Widodo di sela Konferensi Asia Afrika pada April lalu. Juga pertemuan puncak Presiden Mesir Abdel Fattah Al Sisi dan Presiden Jokoi pada September silam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement