Jumat 11 Dec 2015 12:47 WIB

Mengajari Warga Mesir Manfaatkan Eceng Gondok

Sungai Nil yang membelah Kota Kairo, Mesir.
Foto:
Kerajinan Eceng Gondok

Dalam pelatihan tersebut, KBRI mendatangkan dua pengrajin Indonesia yang berhasil menembus ekspor produk-produk kerajinan berbahan dasar eceng gondok. Cornelia Lina Meliassari, salah satu trainer, mengungkapkan pihaknya memiliki kelompok binaan di berbagai propinsi di Indonesia.

"Produk-produk dari kelompok saya dan dari kelompok binaan sudah berhasil menembus pasar ekspor ke berbagai negara seperti Jepang, Amerika dan Eropa," ujarnya.

Dia mengaku kerap kewalahan menerima pesanan dari berbagai pihak di luar negeri dan dalam negeri. Sebuah hotel berbintang di Bali, disebutnya secara khusus mempercayainya untuk mengisi berbagai perlengkapan berbahan eceng gondok.

Cornelia menyebut contoh-contoh produk kerajinan berbahan dasar eceng gondok itu bisa berupa tas jinjing, bantal, sandal, kasur, kursi, karpet dan sajadah.

Salah satu peserta pelatihan, Ahmed, meyakini ilmu pemanfaatan eceng gondok ini akan berdampak langsung untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Mesir.

Ahmed yang berlatar belakang guru ini berkeinginan kuat untuk memiliki wadah pelatihan kerajinan eceng gondok guna memberdayakan masyarakat. 

Keyakinan senada diungkapkan Ketua Lembaga Pengusaha Kecil Menengah (UKM) Bani Suweif, Marwan Mohammed. "Pelatihan ini telah memberikan wacana baru bagi kami untuk membuka industri kerajinan eceng gondok di wilayah di Mesir, khususnya di Provinsi Beni Suweif," paparnya. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement