Kamis 03 Dec 2015 06:26 WIB

6 Makanan Pemicu Bau Badan tak Sedap

Rep: C32/ Red: Indira Rezkisari
Daging merah merupakan salah satu makanan yang berpotensi mengakibatkan bau badan tak sedap.
Foto: wikipedia
Daging merah merupakan salah satu makanan yang berpotensi mengakibatkan bau badan tak sedap.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian orang kerap kali bermasalah dengan bau badan dan biasanya menduga karena cepat berkeringat. Teryata, keringat sama sekali tidak membuat bau badan itu muncul melainkan karena ada hal lain.

Seperti dilansir Mens Fitness, Kamis (3/12), keringat yang dikeluarkan tubuh sebenarnya sama sekali tidak berbau.

Pada dasarnya, menurut Mayo Clinic, bau badan saat berkeringat yang dikeluarkan kulit karena tercampur dengan bakteri. Sementara bakteri tersebut sangat dipengaruhi dari makanan yang seseorang konsumsi.

Mengkonsumsi makanan dengan unsur kimia tertentu dapat menyebabkan bau ke tingkat yang tidak tertahankan. Sayangnya ada banyaknya makanan yang mengandung kimia tersebut sering dikonsumsi pria dalam menu dietnya.

Meskipun begitu, tetap ada sisi baiknya yang harus diterima para pria. Bau badan yang disebabkan karena makanan tersebut hanya bersifat sementara tidak dalam jangka panjang.

"Ini hanya akan mengambil dua jam bagi tubuh untuk memimbulkan bau serta juga bisa bertahan beberapa jam," kata dokter kulit Debra Jailman sekaligus penulis di 'Skin Rules: Trade Secrets From a Top Dermatologist'.

Untuk itu disarankan mengkonsumsi beberapa makanan untuk diet pria seperti daging, ikan, dan beberapa sayuran tertentu tidak dikonsumsi sebelum ada acara penting. Bahkan sebaiknya dihindari saja agar tidak menimbulkan bau badan.

Tak hanya itu, Jailman juga menyarankan mengkonsumsi saja makanan seperti suplemen yang kaya akan klorofil. Beberapa diantaranya seperti setangkai peterseli segar atau makanan yang mengandung ketumbar karena bahan tersebut dinilai bisa melawan bau.

Salah satu makanan penyebab bau badan tak sedap adalah daging merah. Daging adalah makanan yang sulit dicerna oleh tubuh. Sehingga, dengan terjadinya proses tersebut akan meninggalkan residu di akhirnya.

Jailman berujar residu makan daging bercampur dengan keringat serta bakteri akan menimbulkan bau badan. Hal tersebut terbukti benar dalam studi yang dilakukan kepada perempuan yang sebagian sebagai vegetarian dan kelompok lainnya mengkonsumsi daging. Mereka yang mengkonsumsi daging memiliki bau yang tidak sedap dibandingkan perempuan dengan vegetarian.

Selain berakibat kepada bau badan, daging juga dinilai akan mempersingkat umur. Dampak lain juga akan membuat seseorang lebih mudah lapar.

Berikut beberapa makanan lain yang memicu bau tubuh tak sedap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement