Jumat 16 Jun 2023 17:12 WIB

Warna Baju Terbaik untuk 'Menyembunyikan' Keringat, Cocok Buat yang Sering Gerah

Bagi Anda yang punya keringat berlebih, 5 warna baju ini cocok dipakai sehai-hari.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang pria berkeringat (ilustrasi). Ada beberapa warna pakaian yang bisa menyembunyikan keringat.
Foto: www.freepik.com.
Seorang pria berkeringat (ilustrasi). Ada beberapa warna pakaian yang bisa menyembunyikan keringat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat musim panas, Anda mungkin harus memikirkan cara "menyembunyikan" keringat. Utamanya, jika Anda golongan orang yang berkeringat berlebihan.

Warna-warna baju tertentu akan membantu Anda mengaburkan kelembapan, meskipun ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan juga. Pertimbangan yang paling penting adalah jenis kain.

Baca Juga

Penata gaya mengatakan, Anda harus tetap menggunakan bahan yang menyerap keringat atau kelembapan, seperti katun dan linen. "Tidak ada warna pelangi yang akan menyembunyikan noda keringat pada sutra," kata seorang penata gaya dan konsultan merek yang berbasis di New York City, Kirsten Angeli dilansir Best Life, Jumat (16/6/2023).

Dia mengatakan, bantalan ketiak dan kaus bebas keringat memberikan perlindungan tambahan terhadap noda keringat yang terlihat. Setelah Anda memilih kain musim panas yang sesuai, Anda bisa menemukan warna yang tepat untuk menyembunyikan keringat.

 

Hal itu dapat membantu meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri. Berikut lima warna terbaik untuk dipakai jika Anda banyak berkeringat:

1. Hitam

Penata gaya setuju, satu warna menonjolkan dalam hal menutupi noda keringat adalah hitam. "Warna gelapnya menyerap cahaya, membuat potensi noda kurang terlihat," ujar salah satu pendiri Style with Ingrid, Ingrid Leo.

Selain itu, hitam cocok dengan warna netral dan warna lainnya. Pendiri Style Standard (platform gaya dan perawatan pria), James Thomson-Sakhrani setuju bahwa warna hitam efektif untuk menyembunyikan berbagai ketidaksempurnaan, termasuk keringat.

"Dari kerutan dan noda hingga keringat dan tumpahan, warna hitam efektif daripada warna lain,” kata Thomson-Sakhrani. Namun, dia menambahkan kelemahan dari warna hitam adalah lebih panas daripada warna yang terang, sehingga Anda mungkin akan lebih banyak berkeringat.

2. Abu-abu arang

Warna abu-abu yang lebih terang terkenal menonjolkan noda keringat, tetapi Thomson-Sakhrani mengatakan warna yang lebih gelap dapat memiliki efek sebaliknya. "Sama seperti hitam, arang adalah warna kuat yang membantu membaurkan noda keringat. Pilih sesuatu yang cukup gelap, dan noda keringat hampir tidak terlihat," ujarnya.

3. Biru laut

Leo juga merekomendasikan warna biru tua. "Mirip dengan hitam, warnanya yang lebih gelap membantu menutupi bekas keringat,” kata dia.

Leo mengatakan, biru tua juga menawarkan tampilan yang mengelabuhi dan klasik, sehingga cocok untuk acara profesional dan kasual. Thomson-Sakhrani setuju bahwa biru tua adalah pilihan bagus ketika warna hitam atau arang terlalu drastis untuk Anda kenakan. Dia mengatakan biru tua lebih lembut di mata, tetapi cukup gelap untuk menjaga agar noda keringat tidak terlalu jelas bagi orang kebanyakan.

4. Putih

Meskipun sebagian besar warna yang dibagikan oleh para ahli berwarna gelap, putih adalah pengecualian yang direkomendasikan untuk aturan tersebut. "Ini mungkin terdengar kontra-intuitif, tetapi pakaian putih menunjukkan lebih sedikit keringat daripada banyak warna lainnya," ujar Thomson-Sakhrani.

Jika warnanya putih bersih tanpa sedikit pun warna lain, maka keringat jauh lebih tidak terlihat dibandingkan kebanyakan warna terang lainnya. Putih juga bermanfaat membantu Anda sedikit lebih sejuk daripada warna gelap.

5. Pola warna-warni

Terakhir, memilih atasan dengan motif yang lebih ramai juga bisa membantu menutupi noda keringat. "Pola dengan banyak warna dan desain ramai mengalihkan perhatian dan menyembunyikan noda keringat dengan baik," kata seorang veteran industri fashion dan kecantikan dan pendiri Nako Cosmetics, Sophia Tang.

Tang menyebutnya sebagai solusi penuh gaya, yang memungkinkan Anda bermain dengan tren fesyen sambil mengatasi masalah. Thomson-Sakhrani setuju keberadaan pola menawarkan solusi efektif untuk masalah keringat berlebih.

"Sesuatu dengan pola dapat membantu membuat noda keringat terlihat jauh lebih tidak terlihat dan akan menarik perhatian ke tempat lain. Hindari pola yang warna atau desainnya terlalu terang,” ujar Thomson-Sakhrani.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement