Sabtu 28 Nov 2015 06:30 WIB

Mantan Wartawan Republika Raih Dua Penghargaan Sastra (Bagian 2-Habis)

Ahmadun Yosi Herfanda  (kiri)  menerima Anugerah Penyair Nusantara 2015 di Prince of Songkla University (PSU) kampus Pattani, Thailand, Senin (23/11).
Foto: Dok Ahmadun
Ahmadun Yosi Herfanda (kiri) menerima Anugerah Penyair Nusantara 2015 di Prince of Songkla University (PSU) kampus Pattani, Thailand, Senin (23/11).

REPUBLIKA.CO.ID, PATTANI -- Penghargaan untuk Ahmadun sebagai Pelaku Seni Budaya untuk Kategori Sastrawan yang diberikan oleh Pemkot Tangsel diserahkan di Hotel Mercuri Tangerang Selatan. “Karena saya sedang berada di Pattani, istri saya yang menerimanya,” katanya kepada Republika sepulang dari Pattani, Thailand, Jumat (27/11).

Penghargaan ini diberikan dalam rangka HUT Kota Tangsel. Selain Ahmadun, penghargaan juga diberikan kepada Radhar Panca Dahana untuk kategori Budayawan, TB Sos Rendra untuk kategori Pelestari Budaya, dan sejumlah seniman-budayawan lain dari Kota Tangsel. Selain plakat, mereka juga mendapatkan hadiah uang tunai.

Ahmadun dikenal sebagai penyair religius-sufistik, yang juga banyak menulis esai dan cerpen. Ia bekerja sebagai wartawan Republika sejak awal 1993 dan mengambil pensiun dini pada akhir 2009, karena terpilih sebagai ketua Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta (DKJ).

Selain menulis, saat ini ia mengajar Creative Writing dan Academic Writing  di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Serpong, Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement