Kamis 26 Nov 2015 19:14 WIB

2015 Jadi Tahun Kebangkitan Yoga di Indonesia

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Senam Yoga.
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Senam Yoga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instruktur Yoga, Deera Dewi menyatakan yoga sebenarnya sudah lama masuk Indonesia. Hanya saja mulai berkembang pesat di tahun ini.

Tak hanya booming, sebagian orang Indonesia yang sudah jatuh cinta dengan yoga rela belajar keluar negeri, seperti Hong Kong, Thailand dan negara lainnya.

"Akhirnya yoga jadi booming, paling booming tahun 2015, yoga festival setiap bulan ada di Jakarta. Bahkan tahun ini festival yoga sudah ada dua minggu sekali," ujar dia kepada Republika.co.id, beberapa waktu lalu. (Baca: Pria, Yoga Bukan Hanya Olahraga untuk Perempuan Loh)

Tolak ukur lainnya, guru-guru lokal pun menyebar ke seluruh Indonesia. Deera memiliki jadwal mengajar yang ada hampir setiap akhir pekan dan ada diseluruh Indonesia.

"Makin baik perkembangannya dari tahun ketahun, tapi tahun ini luar biasa," ujarnya.

Selain itu, peserta yoga juga mulai menjamur. Co-founder Namaste Festival, Ine Noor menjelaskan perkembangan yoga sangat pesat.

Bisa dilihat dari kunjungan peserta dalam festival yoga di Jakarta, Namaste Festival. Tahun 2010 hanya ada sekitar 500 pengunjung. Sedangkan tahun lalu pengunjung ada lebih dari 7000 orang. Begitu juga tahun ini. (Baca: Yoga Olahraga Murah dan Sederhana, Benarkah?)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement