Kamis 26 Nov 2015 09:24 WIB

Mau Yoga? Cari Guru yang Kompeten

Senam Yoga.
Foto: Reuters/Francois Lenoir
Senam Yoga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi Anda yang ingin yoga, disarankan untuk berlatih dengan guru yang kompeten. Apalagi jika Anda tergolong pemula alias baru saja menggeluti yoga.

Hal ini disarankan oleh guru yoga dari studio Gudang-gudang, Deera Dewi. Selain itu, menurut Deera ikuti yoga yang disesuaikan dengan kemampuan kita.

"Kalau yang basic yang pemula jangan ikut kelas berat, tapi benar-benar kelas basic, tidak ada persyaratan kok," ujarnya kepada Republika.co.id, beberapa waktu lalu. (Baca: Pria, Yoga Bukan Hanya Olahraga untuk Perempuan Loh)

Selain itu, Anda juga bisa berlatih sendiri dirumah. Cukup dengan membeli dvd atau vcd yoga yang memang untuk pemula.

Tapi ia sarankan bagi yang benar-benar masih pemula, carilah guru yang kompeten. Jadi ketika mau latihan dirumah, kita sudah punya dasarnya. (Baca: Yoga Olahraga Murah dan Sederhana, Benarkah?)

Nah ciri guru kompeten itu seperti apa? Menurut Deera guru yang kompeten adalah yang mengajar mengutamakan keamanan. Selain itu, guru yang tahu progres latihan yoga ini mau kemana, yang bisa mengajarkan bagaimana bisa tetap seimbang dalam pose tertentu dan bagaimana cara mendapatkan pose dengan baik.

Guru kompeten juga harus bisa menjelaskan manfaat dan kelebihan latihan yoga.  "Itu semua harus diajarkan, jangan sampai gurunya tahu karena baca buku saja, begitu ditanya gak tau. Guru harus benar-benar bisa menjelaskan, kenapa saya ngajar ini, apa manfaatnya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement