Ahad 08 Nov 2015 05:46 WIB

Lima Hal yang Wajib Diajarkan Pada Anak Sebelum Jadi Mahasiswa

Rep: C39/ Red: Indira Rezkisari
Pelajaran tak semata didapat anak dari sekolah, orang tua perlu membekalinya keahlian dasar pula sebagai bekalnya dewasa kelak.
Foto: flickr
Pelajaran tak semata didapat anak dari sekolah, orang tua perlu membekalinya keahlian dasar pula sebagai bekalnya dewasa kelak.

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak sedikit orang tua yang terlalu memanjakan anaknya, sehingga mereka tidak memiliki mental yang kuat untuk menghadapi dunia luar sendiri. Karena itu, saat ingin masuk ke dalam perguruan tinggi, orang tua seharusnya sudah bisa membekalinya dengan beberapa kemampuan dasar.

"Sebagai orang tua, kita melakukan terlalu banyak, bagaimana untuk menjadikannya dewasa? Istirahatlah dalam memanjakannya dan siapkan anak Anda untuk sukses. Ketika memanjakan mereka, kita  telah menjauhkan mereka untuk hal yang benar-benar penting,” kata  seorang penulis dan mantan dekan di Stanford University¸ Julie Lythcott-Haims.

Jadi, agar mereka mendapatkan kesuksesan dan menjadi lebih dewasa, berikut lima hal yang harus diajarkan kepada anak Anda sebelum menjadi mahasiswa, seperti dilansir dari laman Parenting, Ahad (8/11).

Memasak dan menyiapkan makanan sendiri

Pada saat anak Anda sudah menjadi mahasiswa, pastikan mereka dapat melakukan segala sesuatu yang berkenaan dengan kebutuhan mereka sendiri. Salah satunya yaitu dengan mengajarkannya cara memasak dan menyiapkan makanan mereka sendiri. Saat mereka menjalani status sebagai mahasiswa, hal ini sangat penting untuk diketahui.

Bangun sendiri dengan tepat waktu

Pada saat anak Anda memasuki perguruan tinggi, Anda harus memastikan bahwa mereka bisa bangun pagi sendiri dengan tepat waktu. Ini sangat penting karena jika tidak bisa bangun pagi, waktu sarapan mereka akan lambat dan dapat mengganggu jam kuliah mereka juga.

Mencuci pakaian sendiri

Ketika mengajari anak Anda terkait kemampuan dasar seperti mencuci dan mengeringkan baju, Anda harus lebih berhati-hati. Jika mereka tidakbisa melakukan ini, berarti Anda harus menyadari bahwa telah terlalu memanjakannya. Jadi, sebelum menjadi mahasiswa ajarkan mereka untuk terbiasa melakukannya dengan baik, meskipun saat ini sudah terdapat layanan laundry.

Punya pola pikir sendiri

Sebelum menjadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi, anak Anda sudah harus bisa menentukan sendiri langkah demi langkah tentang apa yang seharusnya dilakukan. Namun, jika Anda hanya menyuruh mereka untuk belajar saja dan tidak perlu membantu beberapa pekerjaan di sekitar rumah, mereka tidak akan mempunyai pola pikir. Jadi, ajarkanlah mereka dengan hal-hal sederhana di rumah.

Mengadvokasi dirinya sendiri

Advokasi merupakan tindakan untuk memperjuangkan hak diri sendiri maupun orang lain. Sebelum masuk perguruan tinggi mereka sudah harus bisa melakukan ini. Namun, sebagian besar orang tua justru cenderung tidak mengajarkan mereka tentang hal ini.

Seperti contoh, saat mereka mendapatkan nilai buruk di sekolah, maka biarkan mereka sendiri yang melakukan pembelaan kepada pihak sekolah. Anda hanya harus memantaunya dan mengajarkan mereka tentang bagaimana untuk berkomunikasi dengan pemegang otoritas dan mengadvokasi diri mereka sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement