Rabu 04 Nov 2015 15:47 WIB

Tips Sederhana ini Bisa Jauhkan Anda Dari Pikun

Rep: MGROL50/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pikun di usia muda (ilustrasi)
Foto: adhdspecialists.com
Pikun di usia muda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sering lupa atau biasa dibilang pikun adalah penyakit yang melanda banyak masyarakat kini. Ini dapat didefinisikan sebagai kehilangan memori atau kegagalan mengingat. Sebelum menjadi buruk, Anda bisa mengubah sedikit gaya hidup untuk mencegahnya.

Kelupaan ringan bisa dipicu stres dan depresi yang dialami setiap hari. Tapi, ketika itu lebih dari yang seharusnya, penuaan akan cepat terjadi dan meningkatkan risiko demensia atau penyakit Alzheimer. Kabar baiknya, hal ini dapat lebih dini dicegah dengan tips ini, seperti yang dilansir Zeenews.

Diet sehat

Makan makanan yang sehat baik untuk otak Anda. Banyak mengonsumsi sayuran dan biji-bijian, pilih sumber protein rendah lemak seperti daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit dan ikan, hindari makanan cepat saji bisa baik untuk kesehatan.

Tidur cukup

Tidur memainkan peran penting untuk memperbaiki kinerja memori. Cukupi waktu tidur Anda setiap malam, sekitar 7-8 jam per hari.

Olahraga

Aktivitas fisik harian akan membantu menjaga memori Anda tajam, selain berdampak besar bagi tubuh Anda seperti membantu Anda menurunkan berat badan, mengurangi risiko beberapa penyakit kronis (seperti penyakit jantung dan diabetes).

Rajin membuat catatan

Sering-sering lah mengambil pena dan kertas untuk menulis rencana yang ingin Anda lakukan. Letakkan catatan di tempat yang dapat dengan mudah Anda lihat seperti pintu rumah atau kulkas.

Tingkatkan aktivitas mental

Sama seperti kesehatan fisik, mental Anda perlu tetap aktif untuk membantu menjaga otak Anda dalam kondisi yang baik. Bermain permainan asah otak seperti teka-teki silang akan membuat Anda lebih pintar serta meningkatkan memori Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement