Jumat 30 Oct 2015 08:07 WIB

Unik, Cara Promosi Film Bulan Terbelah di Langit Amerika

Game unik untuk mempromosikan film 'Bulan Terbelah di Langit Amerika'.
Game unik untuk mempromosikan film 'Bulan Terbelah di Langit Amerika'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era ketika media sosial menjadi primadona, semua orang berlomba-lomba memasarkan produk dan jasanya melalui dunia maya. Di industri mana pun, pakar pemasaran dunia  mengakui bahwa kejayaan pemasaran offline akan bergeser ke online. Begitu pula di industri perfilman.

Sebagai industri unik yang cukup baru di Indonesia, setiap film yang akan dirilis harus berlomba-lomba memasarkan filmnya melalui berbagai cara. Beberapa di antaranya menjalin kerja sama dengan perusahaan besar, beberapanya lagi menjadikan aktor dan aktrisnya sebagai lini depan pemasarannya.

Berbeda dengan kebanyakan sistem pemasaran film lainnya, tim marketing Bulan Terbelah di Langit Amerika (BTDLA) memilih langkah baru yang inovatif. Dengan menggunakan Instagram sebagai dashboard utamanya, tim ini membuat sebuah permain dengan nama 'Siapa karakter BTDLA-mu?'. Instagram dinilai sebagai media yang paling andal untuk digunakan.

“Pengguna Instagram di Indonesia sangat banyak dan game ini belum pernah diaplikasikan ke campaign film-film di Indonesia,” ujar tim marketing BTLDA Setya Dewanta dalam siaran pers kepada Republika.co.id, Jumat (30/10).

Pada game ini, pengguna instagram diajak menemukan kesamaan karakter dirinya dengan karakter utama di film Bulan Terbelah di Langit Amerika. “Kita akan mengajak pengguna instagram lebih mengenal film ini dengan cara yang sangat menyenangkan,” kata Setya.

Langkah yang dilakukan adalah pengguna diajak untuk memulai permainan dengan mem-follow akun @bulanterbelah. Kemudian, partisipan game memulainya dengan mengklik poster yang telah diunggah di akun @bulanterbelah tersebut.

Selanjutnya, pengguna akan diberikan pertanyaan dan memilih gambar yang sesuai dengan diri mereka. Di sana terdapat empat pertanyaan yang akan membawa mereka pada karakter di film Bulan Terbelah di Langit Amerika.

Film Bulan Terbelah di Langit Amerika bercerita mengenai perjalanan Hanum (Acha Septriasa) dan Rangga (Abimana Aryasatya) di New York, Amerika Serikat. Bulan yang terbelah merupakan metafor terpecahnya perdamaian antara masyarakat Amerika Serikat dengan kaum Muslim pascatragedi 9/11.

Hanum, yang merupakan seorang jurnalis, berusaha menuliskan berita yang mampu menjawab pertanyaan dunia “Apakah dunia lebih baik tanpa Islam?” dengan jawaban “Tidak.” Dengan momen yang bersamaan dengan suaminya, Rangga yang tengah menyelesaikan tugas studi S3-nya di New York, mulailah petualangan Hanum mengungkap berbagai fakta tersembunyi di balik tragedi 9/11.

Cerita ini menjadi lebih seru karena kehadiran Stefan (Nino Fernandez) yang adalah seorang ateis dan kesaksian Azima (Rianti) sebagai istri dari korban tewas tragedi 9/11.

Karakter utama yang dilibatkan pada game ini adalah karakter Rangga, Hanum, Stefan, dan Azima. Rangga adalah sosok yang cerdas, penyayang, dan penuh kejutan. Hanum, istrinya, adalah seorang jurnalis yang berani, pekerja keras, dan cerdas. Rangga memiliki seorang sahabat bernama Stefan yang idealis dan loyal.

Pada perjalanannya, Hanum bertemu dengan sosok Azima yang lembut dan mudah tersentuh. Follower dari game ini akan diajak menemukan kesamaan karakter diri mereka dengan karakter Rangga, Hanum, Stefan, dan Azima. Ada beberapa pertanyaan yang menarik seperti “Negara mana yang ingin kau kunjungi?” dan “Apa mimpi dan harapan terbesarmu?”

Follower karakter yang beruntung akan mendapatkan kesempatan bertemu dengan artis pemeran karakter tersebut. Jadi, jika seseorang menjawab pertanyaan-pertanyaan di sana dan menemukan dirinya mirip dengan karakter Rangga, ia harus mem-follow akun instagram karakter tersebut agar mendapat kesempatan langka ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement