Kamis 29 Oct 2015 13:34 WIB

5 Cara Bermain Sambil Belajar Saat Halloween

Rep: MGROL50/ Red: Winda Destiana Putri
Halloween
Foto: Womanitely
Halloween

REPUBLIKA.CO.ID, Halloween merupakan perayaan yang tentunya disenangi banyak anak-anak, karena di hari itu mereka bisa mendapatkan banyak permen gratis, memakai kostum menyenangkan dan mengambar wajah mereka, serta menghabiskan waktu dengan orang tua.

Halloween memiliki sejarah yang kaya dan legenda besar yang generasi kita harus tahu juga. Kedua kegiatan yakni indoor dan outdoor dapat membantu anak-anak belajar lebih banyak tentang Halloween sambil bersenang-senang dan menikmati semangat kecerian pada malam hari.

Berikut adalah 5 cara bermain sambil belajar saat halloween yang Republika.co.id kutip dari Womanitely Rabu (28/10).

Piknik di taman sambil menaman sayuran dan buah-buahan

Rencanakan piknik bertema Halloween di taman atau di halaman belakang rumah. Piknik ini bukan hanya memakan makanan, tapi Anda juga bisa mengajarkan mereka menanam sayuran dan buah-buahan, terlebih di akhir musim panen. Sering kali sayuran dan buah-buahan digunakan anak-anak untuk perayaan Halloween, seperti halnya labu. Menandai akhir musim panen, Anda dapat mulai tradisi keluarga untuk menanam sayuran dan buah-buahan milik sendiri setiap tahun. Kegiatan ini akan menbuat anak Anda dapat bermain sambil belajar bercocok tanam. Dan mungkin ia dapat menerapkan kembali kepada anak-anaknya kelak.

Memperlihatkan foto Halloween Anda

Jika Anda memiliki beberapa foto Halloween lama Anda, orang tua, kakek nenek dan bahkan buyut, itu adalah cara yang mengagumkan untuk membuat anak-anak kecil Anda terhibur dan sekaligus dapat mendiskusikan sejarah dan tradisi keluarga. Hal ini tentu selalu menarik, terutama untuk anak-anak. Mereka dapat mengenal Anda lebih dalam. Aktivitas keluarga ini juga akan mengajarkan anak-anak Anda untuk menghargai tradisi keluarga dan memperbaharuinya dengan lebih kreatif namun tetap dijalur yang benar.

Mempelajari sejarah Halloween

Untuk lebih mengenal Halloween, anak-anak Anda tentu harus mengetahui sejarahnya. Jadi sebagai orang tua, Anda yang sudah memiliki pengalaman Halloween dari mereka, ceritakan sejarah tentang Halloween yang menyenangkan untuk mereka. Anda juga dapat membeli buku mengenai sejarah Halloween, dan membacanya bersama-sama sang buah hati. Halloween memiliki sejarah panjang dan menegangkan sehingga tidak ada yang akan merasa bosan pada Halloween.

Bermain dengan tema Halloween

Ada banyak permainan menyenangkan tentang Halloween yang dicintai anak-anak, tergantung pada usia anak. Jika anak-anak Anda terlalu kecil untuk bermain game yang rumit, Anda dapat memberikan  permainan yang lebih mudah seperti Candy Grab. Candy Grab adalah sebuah permainan di mana Anda membuang permen didalam ember ke lantai dan meminta mereka mengambil permen tersebut dengan jari-jari mungil mereka dan meletakkannya kembali ke ember. Permainan ini sungguh akan menyenangkan untuk si kecil, dan memberikan keceriaan.

Membaca buku cerita bertema Halloween

Berkumpul di sekitar perapian terlebih saat cuaca buruk dan menceritakan cerita hantu di halaman belakang atau ruang tamu adalah salah satu cara terbaik untuk merayakan Halloween sebagai sebuah keluarga. Selama Halloween, api unggun akan menjadi acara terbaik yang biasa dilakukan untuk merayakan malam Halloween hangat bersama keluarga. Namun pastikan cerita Anda tidak terlalu menakutkan bagi sang anak, karena mereka mungkin tidak akan bisa tidur malam itu.

Anak-anak Anda akan benar-benar menyukai semua kegiatan ini. Mereka akan kecewa ketika saat mereka datang ke Anda, dan Anda mengatakan hal buruk, misalnya "jangan mengganggu saya, menonton TV atau bacalah beberapa buku. Saya sedang sibuk" atau "kamu bukan anak kecil. Carilah beberapa aktivitas untuk diri sendiri tanpa bantuan saya". Jangan coba katakan itu. Sebab sesungguhnya Halloween adalah liburan keluarga, yang seharusnya memang dirayakan bersama-sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement