Senin 26 Oct 2015 08:34 WIB

Kemenpar: Country Branding Investasi Penting dalam Dunia Pariwisata

Logo 'Wonderful Indonesia'
Logo 'Wonderful Indonesia'

REPUBLIKA.CO.ID, -- Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata sejak bulan Juli lalu giat menggulirkan kampanye brand 'Wonderful Indonesia' di tujuh negara penyumbang wisman terbanyak ke Indonesia. Promosi dilakukan melalui Paid Media, Own Media dan Social Media.

I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata mengatakan, branding (citra) dalam dunia pariwisata sangatlah penting. Ia menyebut bagaimana Malaysia dan Singapura yang telah lama menggulirkan 'Country Branding'.

"Apakah Singapura begitu bodoh melalukan promosi branding yang begitu banyak. Begitu juga dengan Malaysia melalui 'Your Truly Asia'. Semua orang berlomba dengan branding negaranya," ujar Pitana beberapa waktu lalu.

Menurut Pitana branding adalah sebuah investasi yang sangat penting dilakukan dalam dunia pariwisata.

"Eksistensi dan citra dalam industri sangat penting, dalam pariwisata hal itu lebih penting lagi. Imej seperti apa, kita yang tentukan semuanya. Oleh karena itu kita semakin yakin tidak membuang uang melalui branding," kata Pitana.

Hasilnya, jelas Pitana, Branding "Wonderful Indonesia' masuk peringkat 47 branding terbaik dunia versi Travel and Tourism Compettitiveness Index World Economic Forum (WEF). Meningkat dari sebelumnya di peringkat 140 dari 144 negara. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement