Jumat 23 Oct 2015 09:30 WIB

Mengurangi Pemanasan Global dengan Makanan?

Rep: C32/ Red: Indira Rezkisari
Kuliner lokal bisa berperan dalam mengurangi pemanasan global karena prosesnya.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Kuliner lokal bisa berperan dalam mengurangi pemanasan global karena prosesnya.

REPUBLIKA.CO.ID, Selain dengan melakukan aksi peduli lingkungan, ternyata dengan makanan juga bisa berkontribusi kurangi pemanasan global. Menurut Ketua Niode Foundation Amanda Katili Niode makanan lokal bisa berpengaruh untuk mengurangi pemanasan global.

"Dengan konsumsi kuliner lokal bisa membantu mengurangi pemanasan global lho. Jadi nggak hanya sekedar untuk dinikmati saja," kata Amanda pada Pameran Jalur Rempah di Museum Nasional, beberapa waktu lalu.

Amanda menjelaskan kuliner lokal bisa berperan dalam mengurangi pemanasan global karena prosesnya. Makanan lokal itu tidak butuh energi banyak, jadi bisa menghemat pengeluaran energi dan berdampak positif bagi lingkungan dan bumi.

Lain halnya dengan bahan makanan impor, banyak sekali energi yang digunakan dalam prosesnya. "Kalau impor untuk mengangkut bahan makanan itu butuh benergi, bayangkan kalau kita terus mengkonsumsi kuliner impor maka nggak bagus untuk lingkungan," jelas Amanda.

Untuk itu ia sangat ingin peran masyarakat Indonesia bisa berkontribusi baik juga dalam hal mengonsumsi makanan. Terutama generasi muda, ia mengharapkan remaja harus diperkenalkan sekali tentang makanan Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement