Senin 12 Oct 2015 08:54 WIB

Coba Ini Agar Anak Mau Terbebas dari Gadget

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Indira Rezkisari
Anak bermain gadget  (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Anak bermain gadget (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Membesarkan anak di era digital penuh tantangan. Salah satunya datang dari serangan gadget di genggaman mereka.

Anak-anak kini tidak bisa dipisahkan lagi dari perangkat-perangkat elektronik tersebut. Anak-anak pun enggan untuk bermain di alam bebas, karena pikiran mereka sudah ‘tersedot’ oleh layar mungil yang ada di depan mata mereka.

Yang lebih mencemaskan lagi, kecanduan game bisa saja membuat mereka jarang bergaul dan bersosialisasi di dunia luar. Hal itu tentunya bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi perkembangan jiwa mereka kelak.

Ada beberapa kiat yang patut dicoba untuk melepaskan anak-anak dari kecanduan media digital tersebut, seperti dilansir Forbes, beberapa waktu lalu.

Anak-anak Anda berhak mendapat hiburan

Ingat, hiburan itu adalah bagian dari kebutuhan anak-anak Anda. Bahkan orang dewasa sekalipun juga membutuhkan hiburan. Anda tidak perlu selalu menunjukkan kedewasaan Anda di depan anak-anak. Sesekali, jadilah teman yang baik buat mereka dengan mengajaknya menikmati hiburan-hiburan baru.

Ketika anak-anak Anda menjauhkan diri dari konsol game yang biasa mereka mainkan, Anda juga harus menjauhkan diri Anda dari berbagai kesibukan. Berhentilah bertingkah seperti orang dewasa, karena itu akan membosankan mereka. Carilah hal-hal baru yang bisa membuat mereka tertawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement