Ahad 11 Oct 2015 19:20 WIB

Roppan Sajikan Kopi dengan Tiga Teknik Ini

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Salah satu gerai Roppan
Foto: dok Roppan
Salah satu gerai Roppan

REPUBLIKA.CO.ID, Kopi pada saat ini mungkin tidak lagi hanya menjadi gaya hidup untuk orang-orang kebanyakan, akan tetapi sudah menjadi kebutuhan yang sangat dikonsumsi oleh berbagai kaum. Biasanya untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja oleh para kebanyakan karyawan. Atau jika sedang berkumpul dengan teman, kopi selalu menjadi pillihan untuk menemani saat-saat obrolan panjang antarteman maupun kerabat.

Seiring dengan fenomena itu, tempat-tempat kafe yang menyediakan kopi sebagai menunya pun sedang berlomba-lomba untuk menemukan teknik membuat kopi enak dan nikmat dibandingkan yang lainnya. Namun, salah satu kafe di Indonesia yaitu Roppan Indonesia menyediakan  tiga cara untuk membuat kopi dengan nikmat dan juga pastinya enak.

 

Mereka menggunakan biji kopi dari Colombia yang membuat para penikmat kopi merasakan aroma kakao dan rempah secara bersamaan. Colombia merupakan negara penghasil biji kopi terbesar di dunia setelah Brazil. Aroma kopi dan rasanya yang kuat menjadi keunggulan biji kopi ini. Roppan Indonesia menggunakan satu biji kopi yang sama, namun diolah dengan 3 cara yang berbeda.

 

Yang pertama adalah menggunakan mesin espresso, Synesso. Satu jenis kopi yang selalu jadi favorit adalah espresso dan susu berbusa yang dibuat oleh barista menjadi minuman cappuccino atau cafe latte. Kopi disajikan dengan menggunakan mesin espresso berkualitas terbaik, bernama Synesso. Dan mesin ini merupakan mesin espresso terbaik dan juga termahal yang dimiliki oleh Roppan Indonesia untuk para pelanggannya.

Direktur Roppan, Putra Adrean, mengatakan teknik kedua adalah menggunakan teknik pour over atau coffe dripper. Untuk menyajikan pour over coffee ini, disajikan dengan coffee dripper unik bernama V60 coffee dripper atau biasa dikenal dengan nama V60. V60 dipopulerkan pertama kali di Jepang. Disebut V60 dikarenakan memiliki kemiringan 60 derajat dan dapat menghasilkan pour over coffee yang menggunakan biji kopi single original.

 

Teknik penyuduhan kopi menggunakan V60 dapat memberikan kekhasan kopi yang lebih aromatik, tanpa ampas, dan menonjolkan karakter biji kopi yang belum tentu didapatkan dengan menggunakan teknik penyeduhan lainnya.

 

Terakhir, pour over coffee menggunakan aero press. Aero Press adalah alat kopi yang mengandalkan tekanan pada cairan kopi agar mengalir ke bawah cangkir yang sudah disediakan. Aero Press menggunakan mikro filter yang dapat menyaring kopi lebih baik, sehingga hasilnya benar-benar tampa ampas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement