Ahad 04 Oct 2015 10:25 WIB
Kuliner Akhir Pekan

Yummy... Nikmatnya Mie Ramen ala Indonesia

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Ramen Indonesia
Foto: ROL/C39
Ramen Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Jepang Mie Ramen. Namun, mie ramen yang satu ini berbeda dengan yang ada pada umumnya karena bumbunya menggunakan bumbu khas Indonesia.

"Ini biar nikmatnya sesuai dengan lidah orang Indonesia," kata salah satu karyawan Kedai Ramen 99, Irfan (24) saat ditemui Republika.co.id di Jakarta, Sabtu (3/10).

Rasa mie ramen ini memiliki rasa campuran, ada rasa manis, sedikit asin, dan pedas seperti makanan khas Indonesia pada umumnya. Namun, pedasnya bisa dipesan sesuai levelnya, mulai level angka 0 sampai angka 5.

"Kalau nol tidak pakai cabai, Kalau level satu diberi satu sendok teh cabai rawit, kalau level lima, berarti lima sendok teh, level satu aja sudah pedas itu," jelasnya.

Ia mengatakan, penggagas mie ramen ala Indonesia ini berasal dari Madura, tapi besar di Jakarta, yaitu Prima Perdana Aditya (30). Menurut Irfan, bosnya tersebut sudah membuka sebanyak empat kedai di Indonesia, dua di Jakarta dan dua lagi di Purwakarta, Jawa Tengah.

"Kalau pusatnya ada di Jalan Raya Pasar Minggu, Jati Padang atau tidak jauh dari SMAN 28," katanya.

Perbedaan dengan mie ramen lainnya, mie ramen ini kuahnya hitam dan toping dari setiap beragam menunya pasti terdapat bakso ikannya. "Perbedaannya adalah rempahnya, kalau ramen biasa kuahnya bening dan mienya kita juga lebih kecil," ujarnya.

Harga per mangkoknya dimulai dari Rp 20 ribu sampai 35 ribu yang terdiri dari 6 menu, yaitu ramen bakso, ramen katsu, ramen beef, ramen chicken, ramen spesial, dan ramen spesial komplit.

"Yang paling banyak diminati, biasanya ramen spesial komplit, ada mie, bakso sapi, daging, ayam, katsu, dan bakso ikan," ungkap mahasiswa yang masih duduk di semester tiga tersebut.

Anda penasaran untuk menikmatinya? Selain di pusatnya, Anda juga bisa mengunjunginya di food court Dapur Pejaten yang terletak di kawasan Warung Buncit ini. Kedai Ramen 99 cabang Jati Padang ini buka mulai pukul 10.00 WIB pagi sampai 22.00 WIB malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement