Sabtu 03 Oct 2015 15:45 WIB

Ini Kenapa Anda Sebaiknya tidak Liburan Akhir Tahun di Jepang

Gunung Fuji menjadi latar pemandangan saat senja di tengah belantara gedung pencakar langit Shinjuku di Tokyo, Jepang.
Foto: EPA
Gunung Fuji menjadi latar pemandangan saat senja di tengah belantara gedung pencakar langit Shinjuku di Tokyo, Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, Akhir tahun biasanya banyak digunakan masyarakat untuk berlibur. Pekerja kantoran mengambil cuti agar bisa menikmati liburan dengan anak-anaknya yang juga libur sekolah di akhir tahun.

Ke mana Anda akan berlibur akhir tahun ini? Mungkin Jepang jadi salah satu negara yang Anda lirik untuk berlibur di pergantian tahun.

Kalau Anda belum telanjur membeli tiket pesawat untuk menyaksikan hari berganti di tahun yang baru, mungkin Anda perlu tahu dulu kenapa liburan akhir tahun di Jepang tidak direkomendasikan. Ricky Andrey, konsultan perjalanan dari Trip Jepang, mengatakan ada dua alasan kenapa berada di Jepang saat pergantian tahun tidak disarankan.

"Satu, harga tiketnya 1,5 kali lebih mahal di menjelang tahun baru," ujarnya, kepada Republika.co.id, beberapa waktu lalu. Alasan kedua, dikatakannya, karena tahun baru tak ubahnya musim mudik Lebaran bagi orang Indonesia. "Semua orang Jepang berburu tiket buat pulang ke rumah, itu kenapa harganya mahal. Dan di tahun baru orang Jepang akan berkumpul dengan keluarga sama seperti Lebaran di sini, hingga justru suasana akan sepi. Seperti Lebaran," katanya memaparkan.

Tahun baru di Jepang tidak seperti kota-kota besar di Barat atau bahkan di Indonesia. Tidak ada perayaan kembang api atau pesta meriah. "Saat pergantian tahun, orang Jepang makan moci, nonton TV. Jam 12 malam mereka bikin permintaan pertama di tahun baru. Pagi hari mereka makan jeruk, lalu ke kuil," jelas Ricky, yang bolak-balik Jakarta-Jepang hampir setiap bulan.

Karena itu Ricky tidak menyarankan berlibur ke Jepang di saat ini. Tiketnya mahal, keriaannya pun bisa dibilang tidak ada.

Tapi jika Anda sudah kadung mengenggam tiket untuk berlibur ke Jepang di momen pergantian tahun, Ricky mengatakan setidaknya Anda bisa menyaksikan ramainya kuil-kuil di Jepang yang disambangi warganya untuk berdoa. Beragam potongan harga juga tersedia di hampir semua toko saat tanggal 1 Januari. Menurut Ricky, ini juga salah satu tradisi di Jepang menggelar diskon di toko apapun saat tahun baru. "Waktu yang tepat untuk belanja."

Lalu, kapan saat yang tepat untuk menikmati Jepang setelah tahun berganti? Ricky mengatakan, pada 2 Januari harga tiket biasanya mulai kembali normal.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement