Senin 14 Sep 2015 17:20 WIB

Eksotika Komodo dan Permata Biru Labuan Bajo

Pemandangan Taman Nasional Komodo.
Foto:
Kapal cepat menuju Taman Nasional Komodo.

Naik apa dan bagaimana?

Ada dua cara menuju Labuan Bajo, yakni jalur udara dan laut. Jika memilih jalur udara, Anda akan transit di Bali dan berganti dengan pesawat yang lebih kecil untuk mendarat di Bandara Komodo. Selain itu, Anda juga bisa berlayar ke Labuan Bajo menggunakan kapal pesiar dari Bali.

Untuk menyusuri kawasan Taman Nasional Komodo, turis dapat menyewa kapal motor, speed boat, kapal phinisi atau kapal pesiar. Tarif sewa kapal motor atau speed boat berkisar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta per hari, tergantung kapasitas.

Jika Anda memiliki dana lebih besar bisa menyewa kapal phinisi yang memiliki fasilitas bak hotel dengan tarif berkisar Rp 30 juta per hari. Adapun bagi Anda yang bepergian seorang diri bisa naik kapal penumpang menuju Desa Komodo dengan karcis Rp 20 ribu per orang.

Tarif karcis untuk masuk ke Taman Nasional Komodo cukup murah. Turis lokal hanya dibebankan karcis Rp 5 ribu, sementara turis asing Rp 150 ribu. Selain itu, turis juga diwajibkan membayar retribusi untuk pemerintah daerah sebesar Rp 15 ribu untuk turis lokal dan Rp 50 ribu untuk turis asing. Namun harga akan berbeda jika Anda datang saat peak season

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement