Rabu 09 Sep 2015 08:40 WIB

Tanda Anak Siap Menggunakan Teknologi

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Anak bermain tablet (Ilustrasi)
Foto: Google
Anak bermain tablet (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Di zaman ini sudh banyak anak usia dini yang menggunakan teknologi. Bahkan, masih ada yang belum lancar bicara, tapi orang tua mereka sudah membiarkan mereka memegang handphone atau tablet.

Tidak sedikit anak-anak tersebut yang sudah mengetahui komputer dan cara menggunakannya, yang paling menarik adalah anak yang baru berusia 4-5 tahun sudah dapat menggunakannya dengan baik. Pertanyaannya adalah pada usia berapa anak-anak Anda bisa izinkan untuk menggunakan teknologi?

Nah, jika Anda ingin mengetahui kapan anak-anak Anda siap untuk menggunakan ponsel, tablet, laptop dan barang-barang teknologi lainnya, lihatlah tanda-tanda berikut ini seperti dilansir dari Womanitely, Rabu (9/9).

Anak dapat berhitung

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika Anda mencari tahu kapan anak siap menggunakan teknologi adalah dengan melihat kemampuannya menghitung angka. Teknologi digital adalah dunia nomor sehingga penggunanya harus memiliki beberapa pengetahuan tentang dasar matematika agar mereka dapat menggunakan teknologi dengan benar. Mereka setidaknya tahu sepuluh angka.

Anak tahu baik dan buruk

Teknologi modern tidak mungkin tanpa menggunakan internet. Sementara internet pasti terdapat hal negatif dan positif. Karena itu, anak Anda harus tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan mengetahui ini, anak Anda berarti sudah siap untuk berkenalan dnegan teknologi agar tidak membuka hal yang tidak baik untuk mentalnya ke depan.

Anak sudah mengenal uang

Ketika Anda berselancar di dunia internet, pasti akan ada akses gratis, namun tidak setiap saat hal itu tersedia secara gratis, sementara anak-anak yang belum mengerti uang akan menggunakannya dengan sia-sia. Mereka akan bermain dengan telepon Anda selama berjam-jam dan akhirnya menghabiskan pulsa dengan cuma-cuma. Selain itu, mereka juga bisa bermain game online di ponsel yang tentunya akan memakan kuota internet. Karena itu, ajarilah mereka tentang uang, sebelum mereka mulai menggunakan alat-alat teknologi.

Anak dapat membaca

Untuk menggunakan teknologi pastinya anak harus bisa membaca. Bahkan ketika mereka bermain video game sekalipun, pasti ada sesuatu yang tertulis di sana. Anak tidak akan berhasil menggunakan gadget apapun dengan benar jika mereka tidak bisa membaca. Karena itu, keterampilan membaca adalah tanda lain bahwa anak sudah siap untuk menggunakan teknologi modern sendiri. Jika tidak, mereka dapat merusak teknologi atau aplikasi lain di handphone Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement