Rabu 09 Sep 2015 07:45 WIB

Penting! Ketahuilah 4 Hal Ini Sebelum Anak Pegang Teknologi

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Anak dan Ibu bermain gadget (Ilustrasi)
Foto: Womanitely
Anak dan Ibu bermain gadget (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini teknologi sudah di mana-mana dan Anda tidak bisa mencegah anak-anak Anda untuk menggunakannya, tapi seharusnya Anda dapat mengontrol proses mereka dengan baik.

Para orangtua seharusnya bisa menyembunyikan ponsel dan laptop dari anak mereka dan ajarkanlah anak-anak Anda terlebih dahulu tentang bagaimana menggunakan teknologi dengan benar. Serta cobalah untuk menunjukkan bahwa ada banyak hal yang berguna dengan adanya teknologi.

Apakah Anda sudah tahu bahwa anak sudah siap untuk menggunakan teknologi secara efektif? Berikut 4 hal yang harus orangtua ketahui sebelum menijinkan anak menggunakan Teknologi seperti dilansir Womanitely, Rabu (2/9).

Anak sudah mengenal keamanan

Teknologi tidak selalu aman. Walaupun tidak berbahaya, namun teknologi dapat merusak kesehatan anak Anda. Pastikan bahwa anak-anak sudah menyadari aturan keselamatan sebelum Anda membiarkan mereka menggunakan teknologi. Misalnya apa yang harus dilakukan ketika listrik padam? Beritahukan pada mereka dan biarkan anak-anak mengetahui informasi penting ini agar terhindar dari masalah serius.

Menghabiskan waktu kunci anak tidak kecanduan teknologi

Menghabiskan cukup waktu dengan anak-anak Anda adalah kunci untuk meningkatkan anak yang kuat, cerdas dan bersyukur. Jika Anda tidak memberi perhatian kepada anak Anda, mereka bisa berada di depan monitor selama seharian. Jadi, Anda harus mengajarkan mereka banyak hal tentang informasi positif yang berada di internet. Kemudian, ajarkanlah bahwa dunia nyata sepenuhnya seperti apa yang mereka lihat di internet, agar tidak terlalu candu internet.

Anak punya mata sehat

Sebelum membiarkan anak menggunakan ponsel, tablet dan komputer, lebih baik Anda pergi ke dokter terlebih dahulu karena semua layar bisa saja dapat merusak penglihatan anak. Tapi, jika mata anak Anda baik-baik saja, semuanya tentu akan baik-baik saja. Namun, Anda tetap harus membatasi anak dalam menggunakan teknologi karena ia bisa menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar, sehingga menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

Anak bisa mendidik diri sendiri

Banyak konten di internet yang tidak baik yang  tidak perlu diketahui anak Anda. Tapi ada banyak program pendidikan dan permainan juga untuk anak-anak Anda.  Jadi, lebih baik ajarkanlah kepada anak-anak Anda tentang hal-hal yang berguna dan pastikan bahwa anak-anak Anda telah belajar menggunakan teknologi dengan benar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement