Sabtu 05 Sep 2015 12:57 WIB

BOTRAM akan Pikat 30 Ribu dengan Doclang Hingga Rujak Serut

Rep: c 34/ Red: Indah Wulandari
Doclang
Foto: foursquare
Doclang

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Pesta kuliner Bogor Travel and Meals (BOTRAM) diperkirakan akan menyedot 30 ribu pengunjung untuk mencicipi sajian khas Kota Hujan.

Division Head Citra Activation F Syaiful Bachri menargetkan sebanyak 30.000 orang akan bertandang ke helatan yang terselenggara atas kerja sama Pemkot Bogor dan Citra Activation Media Group selama Jumat-Ahad (4-6/9) tersebut.

Syaiful mengatakan, festival kuliner perdana tersebut memfasilitasi puluhan UMKM bidang kuliner di Kota Bogor untuk mempromosikan kuliner khas atau penganan modifikasi yang berpotensi menjadi makanan khas.

Sebanyak 52 stan dan food truck yang berpartisipasi, berasal dari UMKM dan beberapa peserta undangan.

"Sebelumnya, kami memberikan pelatihan kepada sekitar 100 pelaku UMKM," ungkap Syaiful.

Keseluruhan jumlah itu, ujarnya, saling berlainan dan memiliki ciri khas masing-masing. Dengan demikian, pengunjung BOTRAM bisa mencicipi variasi kuliner. Mulai dari  soes talas, rendang jamur, dan risoles modifikasi. Ada pula panganan khas seperti doclang, tauge goreng, minuman pala, asinan, dan rujak serut.

Siti Djubaedah, anggota Koperasi Wanita Usaha Mandiri menjadi salah satu partisipan pengisi stan yang berjualan asinan dan rujak serut Semanggi.

Ia mengapresiasi pemerintah yang memfasilitasi UMKM kuliner untuk berkembang, termasuk memberikan sejumlah pelatihan dan memudahkan akses dan jaringan berjualan.

"Kami diajarkan materi A sampai Z, mulai dari mencermati kandungan gizi makanan, menjaga produk tetap higienis, hingga soal pemasaran," kata perempuan yang berdomisili di Ciwaringin, Bogor Tengah itu.

Nenek 64 tahun yang memulai usaha kuliner keluarga sejak tahun 2006 itu membuat sendiri varian baru rujak serut yang dipasarkannya. Tiga varian rujak dan asinan ia jual seharga Rp 5.000 untuk ukuran kecil dan Rp 20.000 untuk ukuran besar.

"Namanya Semanggi, singkatan dari semangkuk mau lagi," kata Djubaedah.

Tak hanya Djubaedah, puluhan stan lain juga menjajakan makanan yang siap memanjakan lidah pengunjung. Selama tiga hari, BOTRAM menghadirkan bazar jajanan dan makanan khas Bogor, panggung budaya, music performance, cooking with chef, dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement