Selasa 01 Sep 2015 09:52 WIB

Ortu yang Tenang Bantu Hindari Anak dari Kecemasan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan anaknya
Foto: wikipedia
Ibu dan anaknya

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika anak sudah menunjukkan rasa cemas, seperti ketakutan, sebaiknya orang tua berada di dekatnya. Mengajarkan anak mengenai apa itu kecemasan dan siapa saja yang mengalaminya. Juga bagaimana cara mengatasi kecemasan itu. 

selain itu, apa lagi fakta mengenai kecemasan dan bagaimana cara mengatasinya? Pakar Tumbuh Kembang Anak, Denise Daniels, dari Amerika membeberkan semua fakta itu di laman Popsugar, Selasa (1/9).

Orang tua yang cemas dapat menyebabkan anak-anak cemas

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Jika Anda adalah orang tua yang cemas, jangan heran kalau anak Anda juga sama cemasnya dengan Anda. Tapi ada sesuatu yang dapat Anda lakukan.”Jika Anda stres dan cemas dan itu sedang berlangsung, pastikan Anda memiliki seseorang untuk berbicara. Anda harus memiliki dukungan untuk diri sendiri baik dari teman atau psikolog,” ujar Denise.

Ketika anak sudah lebih besar, Denise mengatakan tidak apa untuk mengakui kecemasan Anda sendiri di sekitar mereka. “Berbicara tentang apa perasaan kecemasan, bagaimana rasanya, dan apa efek yang dapat terjadi pada otak dan fisik tubuh.  Jelaskan kepada mereka bahwa itu bukan hal buruk. Ini juga membuat kita aman.”

Anak-anak menginginkan teladan ketenangan

Orang tua merupaka teladan bagi anaknya. Ketika orang tua cemas, anak akan cemas. Sebaliknya ketika Anda tenang, anak akan tenang. 

“Tenang ketika anak-anak Anda sedang mengalami kecemasan. Ketika hal-hal yang terjadi pada mereka membuat Anda grogi, tapi Anda bisa menangani ini. Buatlah diri Anda tenang. Model yang tenang dan meyakinkan mereka akan membuat anak-anak Anda mengembangkan keterampilan yang dapat membantu mengurus perasaan cemas anak sendiri."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement