Senin 31 Aug 2015 03:33 WIB

7 Fakta Tentang Ramen yang Perlu Anda Ketahui

Rep: MGROL49/ Red: Winda Destiana Putri
Ramen
Foto: Yahoo
Ramen

REPUBLIKA.CO.ID, Mie Ramen memang membuat orang-orang ketagihan dan semakin digemari, terlihat dari banyaknya variasi dari ramen saat ini.

Apakah Anda tahu beberapa fakta tentang mie asal negeri Sakura tersebut? Dilansir dari Yahoo Senin (31/8) berikut fakta menarik tentang ramen.

Pertama, rata-rata pengeluaran dana untuk makan ramen adalah sekitar 140 dolar AS per tahun. Dengan 13 sen per porsi dengan mengonsumsi selama 365 hari sekitar 142,35 dolar AS.

Kedua, ramen pada awalnya dianggap sebagai makanan mewah. Bahkan ketika diperkenalkan di supermarket Jepang pada tahun 1958 harganya adalah 6 kali lipat dari mie udon.

Ketiga, ramen merupakan mie pertama yang pernah dikonsumsi diluar angkasa. Tercatat astronot Jepang bernama Soichi Noguchi memakan ramen pada pesawat ulang-alik discovery.

Keempat, satu bungkus ramen mengandung natrium lebih banyak daripada yang dibutuhkan satu harinya. Satu bungkus Nissin ramen mengandung 1.820 mg sodium. Sedangkan dalam sehari kebutuhan manusia adalah 2.300 mg.

Kelima, ramen dikaitkan erat dengan serangan jantung dan diabetes. Sebuah studi terbaru dari Journal of Nutrition bahwa memakan mie instan 2x atau lebih dalam seminggu dikaitkan dengan syndrom kardiometabolik yang meningkatkan risiko terhadap jantung, diabetes dan stroke.

Keenam, faktor risiko dari mie ramen tersebut lebih besar terhadap wanita. Dikarenakan perbedaan metabolisme dan hormon seks dari dua jenis kelamin tersebut.

Ketujuh, proses pencernaan ramen dalam perut membutuhkan waktu. Sebuah studi mengatakan mie dalam 2 jam diperut masih berbentuk utuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement