Senin 31 Aug 2015 02:02 WIB

Turki Miliki Danau Garam yang Bisa Berubah Warna

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Danau Garam di Turki
Foto: Alarabiya
Danau Garam di Turki

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah danau yang terkenal di Turki, Tuz Gola mengalami perubahan warna dari yang sebelumnya berwarna biru, hijau, dan cokelat lumpur kini berubah menjadi oranye kemerahan. Apa yang menyebabkan fenomena unik ini?

Danau yang terletak di wilayah pusat Anatolia ini adalah danau terbesar kedua di Turki. Ketika musim panas, danau ini secara perlahan-lahan warnanya berubah. Fenomena ini disebabkan oleh alga Dunaliella Salinas, yaitu jenis halophile hijau mikro-alga yang memang sering ditemukan di ladang garam laut.

"Karena air danau mengering, salinitas semakin tinggi dan lebih tinggi, sehingga membunuh dari plankton-plankton yang biasanya memakan alga merah ini," kata profesor dari Stony Brook University, Christopher Gobler kepada ABC News seperti dilansir dari Alarabiya Ahad (30/8).

Gobler mengatakan, selama musim kemarau, danau ini sering menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Di danau ini wisatawan bisa berjalan di dataran garam yang airnya sudah mengering, sampai air mulai normal kembali pada musim dingin.

"Saya tidak akan merekomendasikan untuk minum air danau, walaupun beberapa orang sebenarnya memelihara Dunaliella Salinas karena sifat antioksidannya," ujarnya.

Menurut dia, danau ini juga menjadi tempat favorit burung flamingo pink yang mendapatkan warna dari ganggang yang ada di danau tersebut.

"Ganggang ini akan dimakan oleh plankton, kemudian akan dimakan oleh ikan dan makhluk hidup lainnya, yang kemudian dimakan oleh burung flamingo, sehingga burung itu berwarna pink," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement