Ahad 23 Aug 2015 11:47 WIB

Kota Tua di Dunia yang Wajib Anda Singgahi

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Kota tua Aleppo di Suriah
Foto: Womanitely
Kota tua Aleppo di Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, Kota tertua di dunia menjadi salah satu tujuan wajib bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Karena mengunjungi kota tua dapat melihat indahnya bangunan kuno dan mendapat pengetahuan akan sejarah kota tersebut.

Berikut daftar kota tertua yang ada di dunia seperti di lansir di laman Womanitely Ahad (23/8).

Aleppo, Suriah

Saat ini, Aleppo adalah kota di Suriah yang dihuni lebih dari 4,4 juta penduduk. Kota ini diyakini muncul sejak tahun 4300 SM dari bukti-bukti peninggalan bangunan kuno yang tidak tersentuh. Kota ini memiliki bangunan yang masih dipertahankan yaitu rancangan arsitek yang bergaya artefak.

Plovdiv, Bulgaria

Plovdiv merupakan kota kedua terbesar di Bulgaria. Sejarah Polovdiv dimulai 6.000 tahun silam, para arkeolog telah menemukan tembikar halus dan benda-benda dari kehidupan sehari-hari sejak Zaman Neolitikum (4000 SM), menunjukkan bahwa pada akhir Milenium ke-4 SM sudah ada pemukiman didirikan di sana. Plovdive awalnya sebuah pemukiman Tracian sebelum menjadi kota Romawi besar. Sebelum menjadi bagian dari Bulgaria, Plovdiv dikuasai oleh kekaisaran Bizantum dan Kekaisaran Ottoman. Kota ini merupakan pusat budaya utama yang menawarkan banyak sisa-sia bangunan kuno, termasuk sebuah ampiteater Romawi dan saluran air untuk mandi Raja Ottoman.

Luoyang, Cina

Louyang merupakan kota tertua yang berada di Asia. Kota ini termasuk ke-7 terbesar di Cina Kota Louyang juga dianggap pusat geografis dan lahirnya kebudayaan serta sejarah Cina. Kota ini telah dihuni sejak tahun 4000 SM dan sekarang ini dihuni oleh hampir 7 juta orang. Dengan sejarah panjang dan menarik, Luoyang banyak menawarkan situs sejarah yang wajib dikunjungi wisatawan, seperti Longmen Grottoes yang termasuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia pada tahun 2000.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement