Selasa 18 Aug 2015 11:58 WIB

Tips Mempertajam Ingatan

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Fokus pada apa yang dibaca dapat membantu mempertajam ingatan
Foto: Prevention
Fokus pada apa yang dibaca dapat membantu mempertajam ingatan

REPUBLIKA.CO.ID, Anda mungkin sering lupa terhadap ilmu pengetahuan yang didapat dari bangku belajar atau dari buku yang Anda baca, sehingga tidak bisa berdiskusi dengan baik bersama orang lain.

Bahkan, Anda mungkin sering lupa terhadap hal-hal kecil, seperti kunci, headphone, atau dompet ketika sedang melakukan perjalanan. Sudah saatnya Anda berusaha untuk menghilangkan masalah ini. Berikut tips untuk mempertajam ingatan seperti yang dilansir dari Prevention, Selasa (18/8).

Fokus Bacaan

Mendengarkan berita sambil membaca majalah akan mengganggu kemampuan mengingat dengan baik. Ketika banyak tugas, otak beralih pengolahan ke daerah lain yang mempertahankan detail lebih sedikit. Fokuslah pada satu tugas dalam satu waktu untuk menyimpan ingatan lebih baik dari masing-masing yang Anda ingin ketahui.

Kontrol Kolesterol Anda

Penumpukan plak yang disebabkan oleh kolesterol tinggi tidak hanya merusak pembuluh darah jantung, tetapi penyumbatan pembuluh darah di otak juga bisa menghilangkan nutrisi berharga dan masalah memori isyarat. Jadi betapa pentingnya Anda menjaga kadar kolesterol untuk mempertajam ingatan.

Periksa Obat-obatan untuk Otak

Banyak obat dapat memengaruhi memori otak. Pasalnya kandungan obat dapat bertahan lama di dalam sistem. Obat-obatan dapat menyebabkan penyimpangan memori termasuk antidepresan, obat anti-kecemasan, beta-blocker, kemoterapi, obat Parkinson, obat tidur, obat penghilang rasa sakit, antihistamin, dan statin.

Makan Apel Sehari

Untuk menjaga saraf Apel memiliki antioksidan yang cukup untuk meningkatkan kadar asetilkolin, yang merupakan neurotransmitter penting untuk memori. Antioksidan yang sama juga dapat melindungi otak dari radikal bebas berbahaya.

Mengonsumsi Anggur Merah

Anggur merah mengandung resveratrol senyawa, yang dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol juga membantu mencegah penumpukan plak di seluruh tubuh, termasuk otak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement