Selasa 11 Aug 2015 06:10 WIB

Kapan Ortu Bisa Menegur Anak Orang Lain yang Mengganggu?

Rep: C02/ Red: Indira Rezkisari
 Sejumlah anak bermain sepeda di lahan terbuka Rumah Susun (Rusun) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (21/5).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Sejumlah anak bermain sepeda di lahan terbuka Rumah Susun (Rusun) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (21/5).

REPUBLIKA.CO.ID, Ada beberapa pertanyaan yang sering diperdebatkan para orang tua dalam mengasuh anak. Tak terkecuali ketika berurusan dengan anak orang lain yang berteman dengan anak sendiri. Anak pasalnya tak selalu disiplin, sehingga kericuhan bisa terjadi saat bermain bersama. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mendisiplinkan situasi, terutama ketika menyangkut anak orang lain?

Laman Popsugar menyimpulkan ada empat jawaban dari orang tua dalam mengasuh anak dan berperan terhadap anak sendiri dan teman anak. 

Kepedulian terhadap anak sendiri bagian dari keselamatan anak 

Banyak ibu yang setuju, keselamatan anaknya sendiri lebih penting daripada menyinggung cara mengasuh anak orang tua lain. Sehingga yang terjadi saat keselamatan anak terganggu adalah dengan menegur anak lainnya yang menyebabkan anak sendiri terancam. 

Orang tua kerap tidak tahu tindakan anaknya sendiri 

Dalam beberapa kasus, banyak orang tua yang mengabaikan perilaku anaknya sendiri. Saat berkunjung ke salah satu tempat hiburan, orang tua anak malah lebih senang mengobrol dengan temannya. Sehingga orang tua tidak tahu apa yang sedang dilakukan anaknya terhadap anak lainnya. 

Maka, salah satu solusinya adalah orang tua anak yang satu harus bisa berbicara kepada orang tua lainnya tentang perilaku anak dan cara mendisiplinkannya. 

Menerapkan aturan bermain di taman rumah sendiri 

Kebanyakan sikap orang tua suka menitipkan anak di rumah teman anaknya. Tapi bukan berarti orang tua tidak memberikan kedisiplinan terhadap anak yang datang. 

Orang tua yang dititipkan anak sebaiknya memberikan penjelasan kepada orang tua penitip tentang aturan bermain di taman rumah atau di dalam rumah. Ini merupakan salah satu solusi agar tidak terjadi salah paham antar orang tua. 

Para ibu harus mulai membahas aturan bermain di rumah masing-masing 

Para ibu masih banyak yang tidak setuju tentang aturan bermain di rumah. Karena aturan di rumah teman anak dianggap sebagai intervensi terhadap anak. Hal inilah yang perlu dibahas antar orang tua. Karena kedisiplinan bermain di rumah perlu dijaga dengan baik. 

Jika anak masih belum disiplin, solusi yang baik adalah membiarkan orang tua bersangkutan menegur anaknya sendiri. Selain itu orang tua bersangkutan juga harus menerapkan perilaku disiplin terhadap anaknya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement