Jumat 07 Aug 2015 13:37 WIB

Yuk, Makan Siang Lotek Kalipah Apo yang Legit

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Lotek Kalipah Apo Bandung yang legendaris.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Lotek Kalipah Apo Bandung yang legendaris.

REPUBLIKA.CO.ID, Pernah mencoba makan lotek? Atau mungkin Anda beru pertama kali mendenger jenis kuliner khas Bandung ini?

Jika Anda belum mengenal apa itu lotek, tengok saja gado-gado makanan khas Jakarta. Sekilas dari tampilan dan bahan dasarnya, lotek dan gado-gado terlihat sama. Ada sayuran berbalut bumbu kacang, dilengkapi dengan kerupuk. Makannya pun bisa ditemani dengan lontong maupun nasi. 

Lotek yang paling legendaris di Bandung adalah Lotek Kalipah Apo 42. Ini merupakan lotek yang rasanya manis dan legit. Isinya memang sama dengan gado-gado Jakarta, ada rebusan sayuran seperti kangkung, toge dan kol. Bedanya dengan gado-gado Jakarta, Lotek Bandung terdapat sayuran lain yaitu nangka muda. 

Pemilik Lotek Kalipah Apo 42, Lydia Jo, menjelaskan lotek miliknya memang rasanya lezat. Karena ia menggunakan kacang tanah berkualitas. Setelah itu kacang tanah disanggrai tanpa minyak. Ketika ada yang memesan lotek, ia tinggal menambahkan garam, gula merah, bawang putih, dan cabai. Lalu untuk memperkuat rasanya ia menambahkan perasan jeruk limau. 

Berbeda dengan gado-gado, lotek menggunakan kencur sebagai campuran untuk bumbu kacang. Bumbu kacang lotek teksturnya lebih kental dibanding bumbu kacang gado-gado. 

Menurut Lydia, bumbu kacang lotek berbeda dengan gado-gado. Kalau gado-gado Jakarta, hanya kacang yang diulek bersama bumbu dan air. Kemudian bumbu disiramkan ke sayuran yang sudah direbus. Sedangkan lotek, kacang yang sudah disanggrai itu diulek bersama kentang rebus. Jadi terkesan lebih lengket. Kemudian sayuran ikut diulek bersama bumbu.

Selain itu, rasanya pun tergolong lebih manis. Alasannya, karena menyesuaikan dengan lidah orang Bandung yang memang menyukai rasa manis. 

Keunikan lain lotek Bandung adalah menggunakan kerupuk udang besar sebagai teman untuk menikmati kelegitan lotek. Ditambah taburan bawang goreng yang nikmat. Jangan lupa tambahkan nasi putih atau lontong agar Anda bisa lebih kenyang. Harga seporsinya Rp 18 ribu.

Hmmm, siang-siang begini makan lotek enak sepertinya. Jika Anda berada di Bandung bisa meluncur langsung ke Jalan Kalipah Apo No 42 dan buka mulai pukul 08.30. Ini merupakan salah satu kuliner legendaris Bandung yang berdiri sejak tahun 1953.

Tapi bagi Anda yang berada di Jakarta, tak perlu jauh-jauh ke Bandung. Datang saja ke Jalan Batang Hari No. 21, Jakarta Pusat. Di sana ada cabang pertama Lotek Kalipah Apo. Selamat menikmati.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement