Senin 03 Aug 2015 09:44 WIB

'Bermain' Ternyata Penting Bagi Seorang Ibu

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Kebanyakan ibu berhenti melakukan kesenangan ketika waktu menekan dan menuntut banyak dalam kehidupan keluarganya. Karena itu, cobalah untuk meluangkan waktu di tengah kesibukan Anda untuk rileks dan menemukan beberapa kesenangan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kebanyakan ibu berhenti melakukan kesenangan ketika waktu menekan dan menuntut banyak dalam kehidupan keluarganya. Karena itu, cobalah untuk meluangkan waktu di tengah kesibukan Anda untuk rileks dan menemukan beberapa kesenangan.

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orang membutuhkan waktu untuk diri sendiri yang biasa disebut me time. Waktu ini bisa digunakan untuk hal apapun untuk kesenangan pribadi. Bagi seorang ibu, me time biasanya dimanfaatkan untuk ke salon atau melakukan perawatan lainnya. Tapi, usahakanlah paling tidak sekali untuk bermain. Jadikan bermain sebagai prioritas utama me time Anda.

Anda mungkin tumbuh di keluarga yang bahagia. Anda bisa menghabiskan masa kecil yang indah. Anda senang bermain di luar rumah, bemain sepeda bersama saudara Anda atau melompat masuk dan keluar sebuah kotak. Atau bermain mainan tradisional.

Namun, seiring berjalannya waktu dan usia Anda semakin bertambah tua, Anda tak lagi melakukan hal tersebut. Anda tak lagi bermain sejak menjadi remaja, dewasa, bekerja, menikah, sampai memiliki anak. Sekarang, Anda hanya menemani anak bermain di playground atau di sekolah taman kanak-kanak tempatnya bersekolah.

Temukan cara untuk merubah ini, namun tentu akan sulit dilakukan. Kebanyakan ibu berhenti melakukan kesenangan ketika waktu menekan dan menuntut banyak dalam kehidupan keluarganya. Karena itu, cobalah untuk meluangkan waktu di tengah kesibukan Anda untuk rileks dan menemukan beberapa kesenangan. Salah satu caranya dengan bermain.

Keuntungan bermain untuk orang dewasa sangat penting untuk mengesampingkan beban kerja. Bermain bisa menyeimbangkan jadwal yang sibuk dengan kegiatan menyenangkan dan menyehatkan yaitu bermain. Hal ini juga bisa membantu Anda menghilangkan stress. Ini juga akan meningkatkan kemampuan otak Anda dengan memaksa pikiran anda untuk mengubah, beradaptasi dan belajar sesuatu baru.

Jadi mengapa Anda tidak membuat bermain menjadi prioritas yang bisa Anda masukkan dalam jadwal rutin bulan ini? Ketika bertemu dengan rekan kerja di jam makan siang Anda bisa mencoba untuk bermain. Atau buat jadwal telepon dengan teman Anda dan berbicara dengan teman sambil menonton acara reality show tv favorit Anda. 

Dengan kata lain, laman Family Circle, Senin (3/8), menyarankan untuk memindahkan waktu senggang yang biasanya berada dalam daftar paling bawah ke atas jadwal Anda. Dan gunakan untuk bersenang-senang. 

Lain kali, bermainlah dengan permainan anak-anak, lalu istirahat 15 menit, kemudian tersenyum, tenang dan sukacita.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement