Kamis 30 Jul 2015 08:53 WIB

Trik Mudah Siapkan Makanan Sehat

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Makan sehat memerlukan sejumlah kiat agar benar-benar bisa terlaksana.
Foto: Republika/Prayogi
Makan sehat memerlukan sejumlah kiat agar benar-benar bisa terlaksana.

REPUBLIKA.CO.ID, Makan sehat adalah sebuah keharusan. Tapi kebanyakan orang sebatas berharap bisa melakukannya dan sulit merealisasikannya. Harga bahan makanan sehat apalagi tergolong mahal, membuat Anda harus merogoh kocek dalam.

Selain itu, kebanyakan orang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak resep yang rumit setiap hari. Anggota keluarga pun dikhawatirkan tidak cukup sabar mencoba makanan baru yang sebenarnya mungkin nikmat.

Jika Anda tertarik untuk meracik makanan yang lebih sehat, coba beberapa trik berikut ini. Dikutip dari Idiva, Kamis (30/7), trik ini tergolong mudah dan akan membantu mencapai pola makan yang lebih bernutrisi.

Rebus sayuran sebelum menggoreng

Masakan gaya India memerlukan sayuran seperti kentang, labu bulat (tinda), kacang polong  untuk dimasak dalam minyak dan masih banyak lagi. Anda dapat mengatur jumlah minyak caranya dengan mendidihkan sayuran sebelumnya. Setelah itu, Anda dapat dengan mudah memberikan bumbu sayuran yang telah direbus baru digoreng.

Cuci makanan bertepung dengan air

Pastikan untuk mengeringkan sisa pati atau tepung setelah Anda memasak beras. Juga, tambahkan satu atau dua gelas air dingin selama beras dimasak dalam rangka untuk mengeringkan beberapa tambahan tepung. Dalam kasus kentang, cuci setelah dikupas dan lakukan sekali lagi setelah kentang dipotong. Trik sederhana ini akan menolong Anda mengurangi ekstra kalori tanpa ada perubahan rasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement