Senin 27 Jul 2015 11:23 WIB

Dua Kalimat yang Sebaiknya tidak Dikatakan ke Anak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan anak yang ceria (ilustrasi).
Foto: Republika/Musiron
Ibu dan anak yang ceria (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak ada kursus untuk mengasuh anak. Tidak ada buku pedoman atau panduan. Apa yang cocok untuk anak teman Anda, belum tentu cocok untuk anak Anda. Setiap pengalaman akan menjadi salah satu bagian yang unik.

Dalam mengasuh anak diperlukan kesabaran dan ilmu yang didasarkan oleh pengalaman. Jangan sampai Anda menerapkan pola asuh yang salah dalam tahap tumbuh kembang anak. Juga jangan pernah mengatakan hal-hal yang salah kepada anak Anda.

Kata-kata apa saja yang sebaiknya tidak Anda katakan pada anak?

Latihan membuatnya menjadi sempurna

Dikutip dari Idiva, Senin (27/7), Anda pernah mendengar ungkapan ‘practice makes perfect' yang biasanya ada di pinggiran buku tulis anak? Yang artinya latihan membuatnya menjadi sempurna.

Pernyataan seperti ini akan menambah tekanan pada anak Anda untuk unggul dan menang. Hal itu mengirimkan sebuah pesan yang salah jika anak membuat kesalahan. Ini karena kurangnya usaha. Bukan mendorong anak Anda untuk berusaha lebih keras dalam rangka untuk memperbaiki dan merasa bangga dan dirinya sendiri.

Kamu tidak akan mengerti            

Anak-anak tetap belajar berbagai hal baru setiap hari karena dunia ini masih menjadi tempat baru dan mengagumkan untuk mereka. Apabila rasa keingintahuan mereka yang besar terselimuti pernyataan seperti "Kamu tidak akan mengerti", hanya karena Anda tidak berusaha untuk menjelaskan.

Maka akan meredupkan pandangan mereka terhadap kehidupan dan memengaruhi moral mereka. Sediakan waktu satu menit untuk mengumpulkan pikiranmu dan kemudian jelaskan kepada anak Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement