Ahad 26 Jul 2015 12:12 WIB

Tuz Golu, Danau Berwarna Merah Darah di Turki

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Danau Tuz Turki
Foto: Amusingplanet
Danau Tuz Turki

REPUBLIKA.CO.ID, AKSARAY -- Danau biasanya berwarna pasir dan bening dengan air yang menampakan ke dalaman dari danau tersebut. Berbeda dengan danau kebanyakan, Danau Tuz atau dikenal Tuz Golu memiliki warna merah muda hingga merah tua.

Danau Tuz ini terletak di daerah tengah dataran tinggi gersang negara Turki. Letaknya berada 105 km dari sebelah timur laut kota Konya. Danau ini menempati urutan kedua danau terbesar di Turki.

Air yang berada di danau ini berasal dari dua sungai besar yang bermuara, air tanah, dan air permukaan. Karena kandungan garam yang begitu tinggi sehingga membuat Danau Tuz tidak didiami biota apa pun.

Sepanjang tahun, danau ini lebih sering dangkal terutama pada bulan-bulan musim panas, kedalamannya hanya satu meter. Hal tersebut disebabkan karena air menguap dalam jumlah besar dan meninggalkan garam pada permukaan hingga setebal 30 centimeter. Saking banyaknya garam yang didapat, Danau Tuz memasok 63 persen garam yang dikonsumsi masyarakat Turki, dilansir dari Amusingplanet, Ahad (23/7)

Kok bisa sih danau ini berwarna merah? Seperti kebanyakan danau garam, Danau Tuz juga menjadi tempat berkembang biak ganggang. Mikroalga dunaliella salina pada kondisi intesitas tinggi cahaya membuat daratan danau ini menjadi merah. Hal ini menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung dan mengabadikannya dalam jepretan-jepretan foto yang indah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement