Kamis 16 Jul 2015 16:59 WIB

Begini Tips dan Trik Agar Ketupat Lebaran Sempurna

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Ilustrasi Ketupat Lebaran
Foto: Republika/Agung Fatma Putra
Ilustrasi Ketupat Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberadaan ketupat selalu identik dengan Lebaran. Rasanya tidak lengkap jika berlebaran tidak menyantap ketupat.

Saat ini ketupat memang mudah dibeli, tapi tidak ada salahnya membuat sendiri ketupat Lebaran bersama anggota keluarga lainnya. Cara membuat ketupat pun dapat dikatakan mudah. Jika tidak bisa membuat ketupat sendiri dari janur atau daun muda pohon kelapa, kita bisa membelinya.

Cara memasaknya pun cukup mudah. Isi dengan beras sampai setengah isi ruangan dalam ketupat, kemudian direbus hingga masak. Meski begitu, tetap saja ada beberapa orang yang mendapatkan ketupat kurang sempurna.

Menurut Chef Yuda Bustara, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil ketupat yang sempurna.

"Pilih janur muda yang bersih," ujar Chef yang terkenal dengan masakan Urban saat dihubungi ROL belum lama ini.

Selain itu, agar mendapatkan tekstur isi ketupat yang kenyal, ada baiknya beras yang akan digunakan sebagai isian ketupat direndam dengan air kapur terlebih dahulu. Setelah berasa bisa dimasukkan dalam ketupat dan langsung di rebus.

Saat merebus, ketupat harus direbus sempurna, dan terendam keseluruhannya dalam air. Gunakan tempat yang cukup agar ketupat bisa matang dengan sempurna karena direbus secara bersamaan.

Setelah ketupat matang, ada baiknya masukan terlebih dahulu dalam air dingin kemudian digantung. Hal ini dilakukan agar ketupat tidak cepat benyek dan basi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement