Sabtu 11 Jul 2015 11:27 WIB

Laksa Betawi, Menu Wajib Lebaran Alya Rohali

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Alya Rohali
Foto: indonesiarayanews.com
Alya Rohali

REPUBLIKA.CO.ID, Alya Rohali, salah satu selebritas yang sangat bergembira dengan datangnya hari kemenangan setelah satu bulan berpuasa.  Saat itupula, aneka hidangan tersaji di rumah Alya. Salah satu menu andalan dalam keluarganya adalah Laksa Betawi, makanan khas tanah kelahiran Alya.

Laksa Betawi adalah salah satu kuliner yang langka di Jakarta. Menurut sejarah, laksa adalah makanan berjenis mi yang diberi bumbu sesuai kebudayaan peranakan. Dalam laksa ada gabungan elemen Cina dan Melayu. Rasanya enak dan nikmat. Wajar saja jika Alya dan keluarganya menyukai makanan ini.

“Saya tidak masak, yang masak mama, tradisinya juga, kita dikirimkan laksa betawi sama mama. Mama yang masak, nanti mama kirim ke rumah anak-anaknya. Idul Fitri dan Idul Adha masak itu yang khas,” ujarnya.

Selain makanan, yang khas dikeluarga Alya adalah baju kembaran dengan anak-anaknya. Tahun ini ia seragam bersama ketiga anandanya juga suaminya. Baju tersebut sudah dibuat oleh kakak iparnya yang kebetulan berprofesi sebagai desainer.

Baju baru mereka ini akan digunakan untuk bersilahturahmi bersama keluarga besar Alya dan suami. Hari pertama lebaran Alya berkunjung ke rumah mamanya, dilanjutnya ke keluarga suami yang hanya ada tante-tantenya sebab orang tua suami Alya sudah tiada. Keesokan harinya Alya berlebaran di Bandung bersama keluarga mamanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement