Kamis 09 Jul 2015 19:05 WIB

Bous a la Mar, Festival Masukan Banteng dalam Air

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Festival masukan banteng dalam air
Foto: Amusingplanet
Festival masukan banteng dalam air

REPUBLIKA.CO.ID, ALICANTE -- Spanyol terkenal dengan berbagai festival seputar banteng. Berbagai variasi dari festival ini dapat ditemukan, mulai dari berlari dari sekawanan banteng, hingga menaklukan banteng di tengah-tengah arena.

Festival banteng yang paling terkenal di spanyol adalah melarikan dari sekawanan banteng yang berlangsung selama festival San Fermin di Pamplona. Sedikit berbeda dari festival populer tersebut, di kota tepi laut Denia provinsi Alicante, 600 km sebelah selatan Pamplona terdapat satu jenis festival banteng yang cukup berbeda.

Festival tersebut dikenal dengan Bous a la Mar atau secara harfiah berarti banteng ke laut. Acara ini dimulai dengan upacara banteng jantan mengejar para pria di Calle Marques de Campo, area utama kota, menuju arena yang dirancang khusus di pelabuhan.

Tiga sisi arena ditutup oleh pagar berisi yang hanya bisa dilalui manusia ketika akan menghindari dari kejaran banteng. Arena ini terdiri dari ruang terbuka yang berada di pelabuhan karena para peserta harus membuat para banteng ini memasukkan dalam air.

Orang yang berhasil membuat banteng terjatuh ke dalam air berarti dia dianggap sebagai pemenangnya, dilansir dari Amusingplanet, Rabu (8/7).

Bous a la Mar telah diselenggarakan setiap tahun sejak 1926 sebagai bagian dari festival Santisima Sangre, atau "darah suci". Festival ini memperingati seorang biarawan bernama Pedro Esteve yang dikatakan telah menyelamatkan kota dari wabah di 1633. Festival ini diselenggarakan pada minggu kedua Juli, sekitar pada waktu yang sama dengan berlangsungnya San Fermin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement