Ahad 05 Jul 2015 08:26 WIB

Begini Cara Mencuci Rambut dengan Benar

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Keramas (Ilustrasi)
Foto: Womanitely
Keramas (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda yakin sudah mencuci rambut dengan benar? Hampir 7 dari 10 wanita tidak mencuci rambut dengan baik.

Mencuci rambut atau keramas memang terlihat tidak sulit. Cukup dengan mengalirkan air di rambut hingga basah, kemudian beri sampo, bilas, oleskan conditioner, menurut Anda itu sudah cukup. Tidak ada yang rumit, tetapi mencuci rambut secara benar akan membuat perbedaan bagi kondisi rambut Anda.

Berikut ini cara mencuci rambut dengan baik agar rambut tetap terjaga dan sehat, dilansir dari Womanitely, Sabtu (4/7).

Pertama, bilas dengan air hangat. Hal ini akan membantu membuka pori-pori dan kutikula, serta membantu conditioner dan masker rambut menyerap dengan baik.

Kedua, gunakan sampo secukupnya. Cukup beri sampo secukupnya saja, tidak perlu berlebihan hingga mengeluarkan banyak busa. Pijit-pijit ringan area kepala, kemudian bilas dengan air hangat. Jika Anda menggunakan sampo terlalu banyak, justru bisa menghilangkan minyak alami kulit kepala, kekeringan, ketombe, dan iritasi.

Ketiga, jangan gunakan conditioner pada kulit kepala. Hal itu hanya akan menyebabkan kulit Anda semakin berminyak, dan membuat Anda ingin berkeramas lagi esok hari. Ingat, berkeramas setiap hari tidak baik untuk kesehatan rambut.

Keempat, bilas rambut dengan air dingin atau biasa. Setelah menggunakan air hangat untuk mengawali ritual keramas, tutuplah dengan menggunakan air dingin. Anda akan merasakan perbedaan setelah menerapkan ritual ini.

Kelima, gunakan conditioner. Conditioner sangat berguna untuk wanita berambut panjang. Hal ini membantu menjaga kekuatan rambut. Sekali-kali Anda bisa menggantinya dengan masker rambut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement