Kamis 26 Nov 2015 07:59 WIB

Sebenarnya, Pentingkah Kondisioner Sehabis Keramas?

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Indira Rezkisari
Frekuensi penggunaan sampo maupun kondisioner, sangat bergantung kepada jenis rambut pemakainya.
Foto: wikimedia
Frekuensi penggunaan sampo maupun kondisioner, sangat bergantung kepada jenis rambut pemakainya.

REPUBLIKA.CO.ID, Berbagai cara dilakukan orang dalam merawat rambut. Salah satunya adalah memakai kondisioner sehabis keramas menggunakan sampo. Cara itu diyakini dapat melumasi rambut dan membuatnya tampak lebih lembut dan sehat.

Namun demikian, seorang penata rambut baru-baru ini mengatakan bahwa kondisioner tidak perlu digunakan sesering Anda memakai sampo. Itu dikarenakan kedua produk tersebut mempunyai kegunaan yang berbeda. Sampo berfungsi sebagai pembersih sedangkan kondisioner berguna sebagai penambah ketebalan dan tekstur pada rambut.

Frekuensi penggunaan sampo maupun kondisioner, sangat bergantung kepada jenis rambut pemakainya. Mereka yang memiliki rambut lurus dan ingin membuatnya tampak lebih tebal, dapat berkeramas dengan sampo setiap hari dan menggunakan kondisioner setiap empat atau lima hari sekali.

(baca: Cokelat Tembaga Jadi Tren Warna Rambut 2016)

“Sementara, orang-orang dengan bentuk rambut bergelombang dapat berkeramas tiga kali dalam sepekan, dan memakai kondisioner sekali atau dua kali dalam sepekan, terutama ketika rambut telihat kering,” ujar Sam Schube seperti dilansir laman gaya hidup yang berbasis di AS, CQ Magazine.

Tidak sedikit pula orang yang justru menghindari penggunaan sampo dan kondisioner sama sekali. Mereka biasanya dikenal sebagai pendukung metode ‘no-poo’, yakni cara mencuci rambut tanpa menggunakan sampo. Para pendukung metode tersebut lebih memilih menggunakan air dan bahan-bahan alami untuk membersihkan rambutnya.

“Mencuci rambut dengan bahan-bahan seperti air dan telur atau soda bikarbonat setiap dua pekan sekali, cukup baik untuk merawat rambut Anda,” tutur salah satu praktisi gerakan ‘no-poo’, Lucy Aitken dalam tulisannya Happy Hair: The Definitive Guide to Giving Up Shampoo, seperti dikutip Telegraph.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement