Ahad 13 Nov 2016 09:08 WIB

Keramas Bagusnya Pakai Air Panas atau Dingin?

Rep: Wilda fizriyani/ Red: Joko Sadewo
Merawat rambut dengan keramas (ilustrasi)
Foto: Reuters
Merawat rambut dengan keramas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mana yang lebih Anda suka, keramas dengan air panas atau dingin? Kedua air ini tentu pernah Anda pakai. Tapi Anda belum tahu air mana yang lebih sehat dan baik untuk kesehatan rambut, bukan?

Dilansir Boldsky, Ahad (13/11), penelitian telah membuktikan adanya dampak baik menggunakan air dingin untuk keramas. Tidak hanya membuat rambut berkilau, tapi juga mampu memberikan kekuatan pada kulitnya. Kenapa baik untuk kulit kepala? Karena air dingin bisa membantu menghilangkan kotoran dan minyak.

Berbagai penelitian lainnya juga telah mengungkapkan, air dingin dapat mengurangi rontok rambut. Di  sisi lain, penggunaan air dingin bisa membuat rambut lebih keriting. Pasalnya, temperatur ini mengakibatkan folikel rambut dan kutikula tetap tertutup.

 

Sementara itu, bagaimana keadaan rambut saat menggunakan air panas? Penemuan lain justru memperlihatkan bahwa air panas dapat membuat rambut seseorang lebih rapuh. Air ini akan memperburuk akar rambut sehingga nantinya akan menimbulkan berbagai masalah, seperti rontok. Bahkan, kebiasaan ini dapat menyebabkan efek penuaan dini pada rambut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement